Program Posyandu Kesehatan Jiwa (ODGJ) di Balai Desa Kedungwaru

 

Pelayanan Posyandu kesehatan Jiwa (ODGJ) di balai desa Kedungwaru Tulungagung


Jawapes Tulungagung – Pemerintah Desa Kedungwaru mengadakan kegiatan posyandu kesehatan jiwa (Poskeswa) ODGJ, dalam upaya mengurangi kambuhan terhadap ODGJ. Bertempat di Balai Desa Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. (25/01/2023).


Poskeswa tersebut rutin diadakan setiap bulan pada Minggu ketiga di hari Jumat. Kegiatan ini sudah berjalan kurang lebih satu tahun, yaitu mulai bulan Maret 2023 sampai sekarang Januari 2024 dengan melibatkan sedikitnya 5 tenaga kesehatan. Diantaranya, bidan desa, perawat desa, kader desa, dokter puskesmas serta melibatkan petugas obat dan gizi 


"Kepala Desa Kedungwaru Mochamad Toha mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap ODGJ, dengan cara membantu memberikan pelayanan pengobatan gratis setiap bulan," jelasnya.


Sebenarnya pasien ODGj ini sudah guyub, hanya kendala untuk mendatangkan pasien jiwa 100% itu memang mengalami kesulitan, sudah menjadi paradigma kalau sudah agak sembuh pasien tidak butuh obat, ini yang menjadi kendala.


"Sebetulnya pasien ODGJ ini sudah di obati di rumah sakit rujukan atau di puskesmas, namun tujuannya disini biar bisa bertemu, ngobrol dan bisa bersosialisasi," kata Subiyanto selaku wakil dari Puskesmas.


Subiyanto menambahkan, posyandu kesehatan jiwa merupakan milik Desa yang kegiatannya oleh masyarakat dan dipandu oleh kader. Menurutnya, Kader posyandu kesehatan jiwa berbeda dengan kader posyandu lansia maupun balita.


"Jumlah pasien ODGJ menurut catatan kurang lebih 25 orang, namun yang hadir kali ini hanya 19 orang, empat orang lain nya dijemput oleh petugas/kader," pungkasnya. 

(Rul)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم