Berikan Edukasi Pemberian ASI Eksklusif, FIK UNIB Gelar PKM Penerapan Massage Effleurage

Dewi Andariya selaku narasumber memberikan pemaparan materi kepada peserta 

Jawapes, SITUBONDO -  Program studi S-1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy (FIK UNIB) Sukorejo menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), yaitu coaching nenek ASI dalam penerapan massage effleurage menggunakan jitu oil dengan terapi murottal Al-Quran guna mendukung pemberian ASI eksklusif. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Desa Lamongan Kecamatan Arjasa, Jumat (26/1/2024).


Kegiatan pengabdian masyarakat ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Desa Lamongan Rosida Nurnaningsih, perwakilan Puskesmas Arjasa, Ida Watna, S.ST., M. Kes, Bidan wilayah Siti Holilah, mahasiswi Prodi- S1 Kebidanan semester VII, perwakilan kader ibu balita di masing-masing pos dan segenap ibu menyusui dan Neneknya sejumlah 40 orang, narasumber yang ahli di bidang masa Nifas Bidan Dewi Andariya Ningsih, S.ST., M. Keb.


Pantauan awak media, selama pelaksanaan giat pengabdian masyarakat para peserta begitu semangat dan terlihat antusias.


Dalam kesempatan acara itu saat dikonfirmasi awak media Dewi Andariya selaku narasumber menjelaskan, tujuan dari kegiatan pengmas melalui pelatihan penerapan Massage effeurage menggunakan jitu oil yang dilakukan oleh nenek ASI dengan terapi murottal Al-Qur’an diharapkan dapat membantu ibu menyusui agar rileks dan dapat memberikan ASI secara maksimal kepada bayinya.


Dengan diawali oleh moderator, Arifah Arifin mahasiswi semester 7 kebidanan. Pada kegiatan tersebut narasumber mengupas tuntas materi yang diberikan kepada para audien, menjelaskan dengan runtut dan detail tentang massage effeurage, lalu pentingnya peran nenek dalam mendukung pemberian ASI bagi kehidupan sehari-hari dan cara penggunaan jitu oil untuk terapi pijat. Dalam suasana yang penuh interaksi dan menyenangkan, acara tersebut dikemas dengan sistem tanya jawab, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdialog langsung dengan narasumber. Dalam sesi tanya jawab, terdapat banyak pertanyaan menarik yang diajukan oleh beberapa peserta. Keberhasilan acara ini juga terlihat dari raut wajah kepuasan para peserta setelah mendengarkan jawaban dari narasumber dari setiap pertanyaan yang  diajukan kepada  narasumber. 


"Tujuan akhir kegiatan pengabdian masyarakat ini nenek ASI dapat berbagi peran dalam mengasuh cucu dengan ibu dan menerapkan massage effeurage  dengan baik untuk membuat ibu menyusui rileks," kata Andar (sapaan akrabnya).


Diakhir acara kegiatan tersebut ditutup dengan momen yang penuh kebersamaan, yakni foto bersama antara narasumber dan para peserta. Kegiatan PKM ini tidak hanya meninggalkan kesan positif dalam pengetahuan mengenai massage effeurage, tetapi juga memperkuat hubungan antara Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy dengan perangkat Desa Lamongan dan Puskesmas Arjasa. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم