Puskesmas Panji Gencarkan Pemberian Imunisasi MR dan DT-TD Sasar Siswa SD

Petugas vaksinator Puskesmas Panji melakukan penyuntikan imunisasi DT-TD pada siswa SD

 

Jawapes, SITUBONDO - Dalam upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dari penyakit tertentu yang dapat dicegah melalui imunisasi. UPT Puskesmas Panji gencarkan pemberian Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada anak usia sekolah dasar yang dilaksanakan dalam bulan-bulan tertentu. Salah satunya pelaksanaan imunisasi MR (measles) rubella serta DT dan TD.


Dikonfirmasi awak media, Plt Kepala Puskesmas Panji Hasmi menjelaskan, sebelumnya pada tahap pertama, UPT Puskesmas Panji memberikan pelayanan imunisasi MR campak rubella pada anak sekolah di 27 SD/MI sederajat yang ada pada wilayah kerjanya. Hingga sampai hari ini capaian pemberian vaksin MR rubella berada di angka 85,26 persen karena ada kendala beberapa pelajar yang kondisinya sakit. Sehingga pihaknya menjadwalkan ulang untuk pelaksanaan imunisasi tersebut.





"Di tahap kedua, kami juga melaksanakan pemberian imunisasi DT/TD untuk mencegah terjadinya penyakit difteri dan tetanus pada anak. Saat ini pemberian imunisasi DT dan TD baru berjalan dua hari di 7 sekolah dasar.  Pelayanan imunisasi DT/TD akan dilaksanakan disemua sekolah tingkat SD dengan terjadwal," jelasnya.


Lebih lanjut Hasmi (sapaan akrabnya) menerangkan, setelah dilakukan penyuntikan imunisasi MR campak dan DT/TD, petugas puskesmas akan menginput data NIK KK setiap anak yang telah di imunisasi melalui Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK). Untuk mensukseskan program BIAS imunisasi MR campak rubella dan DT/TD, Puskesmas Panji melakukan koordinasi yang baik dengan lintas sektor, antaranya seperti jajaran Forpimka Panji, korwil dan pihak sekolah. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم