Lulus, Peserta SOTH di Kecamatan Mangaran Ikuti Wisuda

Pelaksanaan wisuda SOTH yang diselenggarakan oleh DP3APPKB Situbondo

Jawapes, SITUBONDO - Sebanyak 71 orang tua dari 5 desa yang ada di Kecamatan Mangaran, telah berhasil menyelesaikan program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Dan saat ini mengikuti prosesi wisuda yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Petempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo, Rabu (22/11/2023) Balai Desa Trebungan.


Dalam kesempatan yang ada saat dikonfirmasi awak media, Kepala DP3APPKB Situbondo, H. Imam Darmaji menjelaskan, hari ini yang diwisuda adalah peserta SOTH dan mereka sudah melaksanakan 13 kali pertemuan dalam waktu 13 minggu. Sebelumnya, ada beberapa materi yang disampaikan kepada peserta SOTH selama pertemuan, antaranya materi tentang metode pengasuhan pada anak, kesehatan anak dan ibu, pemenuhan gizi terhadap anak dan ibu. Lalu ada materi tentang keterlibatan suami dalam pola pengasuhan yang diberikan dalam waktu seminggu. Sedangkan untuk tenaga pengajarnya dari kader KB serta tutor bina keluarga balita yang sudah terlatih. 


"Adanya kegiatan SOTH ini harapannya orang tua yang memiliki balita bisa paham dan tahu tentang pola asuh anak. Yaitu mulai dari merawat, menjaga kesehatan dan memperhatikan kebutuhan gizi anak dalam proses pengasuhan. Dengan mereka paham pola pengasuhan anak, maka diharapkan anak-anaknya bisa tumbuh sehat dan tidak stunting," harapnya.


Lebih lanjut Imam Darmaji menambahkan, untuk kecamatan lainnya juga akan dilaksanakan wisuda SOTH dan hari ini Kecamatan Mangaran. Terkait kriteria penilaian kelulusan, salah satunya adalah tingkat kehadiran peserta minimal 80 persen dari 13 kali pertemuan tersebut. Ketika mereka di wisuda ada predikat penilaiannya.


Ditempat yang sama saat menghadiri acara wisuda tersebut, Ketua TP PKK kabupaten Situbondo, Hj. Juma'ati Karna Suswandi menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara wisuda SOTH. Sehingga  diharapkan ibu-ibu peserta yang mengikuti wisuda hari ini dengan ilmu yang diperoleh bisa diketuk tularkan ke masyarakat lainnya. Kemudian mereka bisa mengerti gunanya SOTH. Berikutnya, ibu-ibu yang mengikuti wisuda ini akan tahu mengatasi stunting dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan lain sebagainya.


"DP3APPKB Situbondo bersinergi dengan TP PKK. Jadi TP PKK mulai dari tingkat desa turut mendampingi acara SOTH ini," ungkapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم