Kades Segara Langu dan Camat Cipari Kunjungi Wihara Vajra Bumi Giri Putra Diwilayahnya

Camat Cipari Kabupaten Cilacap, Nugroho Slamet Budi Santosa S.STP., M.Si saat mengunjungi Wihara Vajra Bumi Giri Putra di Desa Segara Langu.

Jawapes, Cilacap - Guna memupuk tenggang rasa antar umat beragama dan melihat situasi terkini, Kepala Desa Segara Langu Ismail dan Camat Cipari Nugroho Slamet Budi Santosa bersilaturahmi mengunjungi tempat ibadah bagi umat Budha yakni Wihara Vajra Bumi Giri Putra yang Ketua oleh R. Joyo Martono dan terletak di Jl. Depok RT.04/RW.04 Desa Segara Langu Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Rabu (8/11/2023).

Jarak tempuh menuju Wihara Vajra Bumi GP dari Kantor Desa Segara Langu memakan waktu kurang lebih 30 menit dengan jalur yang menanjak, karena lokasinya yang berada di bukit.

Camat Cipari Nugroho Slamet Budi  Santosa S.STP., M.Si mengatakan, merasa bangga dengan adanya kerukunan antar umat beragama di Desa Segara Langu.

"Selama saya bertugas sebagai Camat di Kecamatan Cipari ini, sudah dua kali saya berkunjung ke Wihara Vajra Bumi GP," ungkapnya saat diwawancarai awak media.

Sementara salah satu warga setempat yang mengaku sebagai umat Budha, Gito menyampaikan, bahwa untuk jumlah yang mengikuti Agama Budha di Desa Segara Langu yang saya tau untuk saat ini ada sekitar 80 sampai 85 Kepala Keluarga (KK).

Salah satu umat Budha warga setempat, Gito.

"Sedangkan bagi anak-anak remaja Putra maupun Putri yang semangat mau belajar disini, sarana dan prasarananya sudah tersedia seperti belajar keagamaan, komputer, gamelan dan lain-lain. Ada Guru khusus yang didatangkan dari Jogja, hal itu sebagai upaya untuk membangun ilmu pengetahuan bagi generasi bangsa dalam dunia Pendidikan," tuturnya.

Dijelaskan bahwa Wihara Vajra Bumi Giri Putra di purna pugar pada tahun 1997 yang di prakarsai oleh R. Purnama Chandra, dan selanjutnya pada tahun 2010 kembali di purna pugar dengan peresmiannya di hadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Cilacap. 

"Pada saat purna pugar yang pertama,  umat setempat masih sangat kurang mendalami pengetahuan Dharma Budha di karenakan bimbingan dan penyuluan tentang Dharma yang masih sangat minim. Tetapi umat setempat dan para muda-mudi yang sangat antusias dan peduli akan perkembangan Agama Budha sehingga mereka bersatu bekerja keras menuntut pengetahuan tentang Dharma Budha," jelas Gito kepada awak media.

Mereka tak kenal lelah dan putus asa, sampai ahirnya saat ini perkembangan umat Wihara Vajra Bumi Giri Putra sangat maju. Bahkan pengetahuan mereka tidak kalah dengan umat-umat Budha yang berada di kota, khususnya umat Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia.

"Umat Wihara Vajra Bumi Giri Putra setiap malam berbondong-bondong  melaksanakan Sadhana (Puja Bhakti) bersama, dan satu-satunya Wihara Tantrayana Zhenfo Zong di dunia yang umatanya setiap malam melaksanakan Sadhana bersama hanya umat Wihara Vajra Bumi Giri Putra," imbuhnya.(Juki)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم