Anggota DPRD Hadi Priyanto Bersama DP3APPKB Selenggarakan Pelatihan Guna Pemberdayaan Perempuan

Anggota DPRD Hadi Priyanto bersama Kepala DP3APPKB dan instruktur melakukan sesi foto bersama usai penyerahan simbolis perlengkapan alat masak kepada perwakilan peserta

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai bentuk pemberdayaan dan tingkatkan partisipasi perempuan, khususnya di bidang ekonomi. Anggota DPRD Situbondo Hadi Prianto dari Fraksi Demokrat melalui pokok pikiran (Pokir) jalin kerja-sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DP3APPKB) mengadakan pelatihan memasak kue bagi ibu-ibu warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Jumat (3/11/2023). Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari bertempat di halaman depan rumah Kades Seletreng.


Dikonfirmasi awak media usai membuka giat pelatihan, Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo, H. Imam Darmaji mengatakan, kegiatan pelatihan memasak yang digelar saat ini merupakan pokir milik anggota DPRD Hadi Prianto yang bekerja-sama dengan DP3APPKB Situbondo. Dalam pelaksanaannya ada dua kali pelatihan. Pertama pelatihan memasak dengan olahan masakan dari bahan dasar ikan, seperti membuat abon dan selanjutnya yang kedua adalah pelatihan memasak olahan kue.


"Jumlah peserta pelatihan sebanyak 35 orang pada hari ini yang diikuti oleh ibu-ibu warga Desa Seletreng. Saya berharap agar mereka mengikuti pelatihan dengan serius dan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan ibu-ibu peserta dalam memasak. Nantinya setelah mengikuti pelatihan, juga bisa membuka usaha kuliner," harapnya.


Lebih lanjut, Kepala DP3APPKB menyampaikan, pelaksanaan pelatihan saat ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan dan sebagai bentuk pemberdayaan perempuan. Maka kaum perempuan bisa semakin berdaya, ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan dan meningkatkan kesetaraan gender. Setelah mengikuti pelatihan memasak, peserta diharapkan membentuk kelompok usaha. Kemudian, DP3APPKB akan memantau untuk mengetahui sejauh mana pelatihan ini berhasil dengan membuat para ibu-ibu peserta bisa membuka usaha.


Di tempat yang sama, Ketua Komisi I DPRD Situbondo, Hadi Prianto menjelaskan, dirinya sebagai anggota DPRD memiliki tanggung-jawab terhadap hal pemberdayaan perempuan dan mempunyai kewajiban untuk memperjuangkan bagaimana DP3APPKB Situbondo ini bisa benar-benar optimal dalam memberdayakan masyarakat, khususnya bagi kaum perempuan.


"Kemarin ketika DPRD menyusun proses perencanaan anggaran yang pro terhadap rakyat dan perempuan, kami memperjuangkan pemberdayaan perempuan melalui bidang usaha UMKM. Terutama dengan melaksanakan pelatihan kemahiran di bidang UMKM pembuatan makanan kue dan lain sebagainya," terangnya.


Masih Hadi anggota DPRD dari dapil II (Kapongan-Mangaran), menurutnya kemahiran dalam pembuatan kuliner aneka kue dan masakan itu penting ilmunya dikuasai oleh kaum perempuan. Yaitu minimal mereka bisa menyajikan makanan untuk suaminya ketika di rumah dan berharap sekaligus mampu mengembangkan usaha UMKM kuliner dengan lebih mandiri. Jadi mereka bisa berdikari di bidang ekonomi.


"Harapan saya kepada peserta setelah pelatihan ini, ilmu yang telah diperoleh langsung di praktekkan dan mereka rata-rata sebagian adalah pelaku UMKM kuliner. Tetapi disini mereka mengikuti pelatihan untuk menambah ilmu baru mengembangkan usaha kuliner di bidang perikanan dan produk olahan kue," ujarnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم