1200 Pohon Mangrove Ditanam dalam Rangka HUT Polairud ke 73 Polres Kebumen

 


Jawapes Kebumen - Penanaman bibit pohon mangrove kembali dilakukan Polres Kebumen. Kali ini sebanyak 1200 bibit pohon mangrove ditanam di sepanjang garis pantai selatan Kebumen dalam rangka memeriahkan HUT Polairud ke 73, Sabtu 25 November 2023.


Penanaman dimulai dengan upacara peringatan yang dilaksanakan di kawasan Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.


Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui amanat yang dibacakan oleh Kabag SDM Polres Kompol Tamzil Mardiono mengungkapkan, tema HUT Polairud tahun 2023 ini adalah "Mageri Segoro Polda Jateng".


Sesuai dengan tema itu, Polres Kebumen bersama dengan instansi terkait, TNI, relawan, FKPM Logending, serta warga setempat, melakukan penanaman pohon mangrove untuk kelestarian lingkungan. 


"Tentu kami ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan HUT Polairud ke 73 tahun 2023 ini. Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan merupakan investasi masa depan kita semua," jelas Kompol Tamzil Mardiono. 


Menurut Kompol Tamzil, program penanaman bibit mangrove adalah bukti nyata Polri bukan hanya sebagai petugas Kamtibmas, tetapi juga penjaga lingkungan dan Kebersihan yang ada di wilayah pantai.


Selanjutnya, Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, penanaman mangrove diharapkan dapat menjaga kelestarian alam, mencegah abrasi, serta keberlangsungan ekosistem di sekitar hutan mangrove itu sendiri.


Menurut AKP Heru, penanaman mangrove bukan hanya dilakukan kali ini saja, tapi jauh sebelum ini juga telah dilakukan penanaman, dan akan dilakukan berkesinambungan. 


"Kabupaten Kebumen memiliki 57,5 Km garis pantai, sehingga ke depan secara bertahap akan kita lakukan penanaman mangrove," jelas AKP Heru. 


Manfaat melestarikan mangrove  bisa membuat lingkungan sekitarnya jadi lebih sehat. Diantaranya kualitas air dan udara jadi lebih bersih dan sehat, karena mampu menjadi filter air dan udara yang kurang bersih.


Kini yang dapat dipetik hasilnya oleh Kabupaten Kebumen, wisata Hutan Mangrove Muara Kali Ijo mulai diminati oleh wisatawan dan menjadi sumber bahan gula nipah.


Masih dalam rangka memeriahkan HUT Polairud ke 73 Polres Kebumen, kegiatan bersih-bersih pantai juga dilakukan di sepanjang Pantai Logending Ayah. 


Sampah-sampah yang terbawa ombak dibersihkan oleh peserta, lalu diangkut ke tempat pembuangan sampah.


Sejumlah nelayan juga mendapatkan bantuan sembako dan pelampung yang bisa dimanfaatkan sehari-hari.


(Eko)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم