Sedekah Bumi di Desa Dapet, Jiwa Patriotis Melalui Tradisi Luhur dan Budaya Bangsa

Prosesi pelaksanaan tradisi sedekah bumi di Desa Dapet

Jawapes, GRESIK - Pemberian apresiasi yang setinggi-tingginya disampaikan oleh Siswadi selaku Kepala Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan spiritualitas bersama warga desa. Pelaksanaan kegiatan tradisi sedekah bumi atau tegal desa sudah berlangsung berabad-abad.


Kepala Desa Dapet, Siswadi mengatakan, sebuah tumpeng yang berisi berbagai macam buah dari hasil bumi dan makanan khas daerah berbentuk mengerucut dengan ukuran begitu besar mewarnai acara sedekah bumi. Dengan diiringi dentuman musik dari sound system, seluruh warga mengikuti parade atau karnaval berjalan sepanjang ruas jalan desa sambil melenggang bersorak sorai penuh semangat.


"Rasa haru dan sangat bangga tampak jelas dari warga Desa Dapet. Acara sedekah bumi ini berhasil terselenggara dan menarik antusiasme warga penduduk desa," ucapnya.

 


Lebih lanjut, Siswadi menerangkan, selain terselip harapan agar segera diturunkan hujan, acara tradisi sedekah bumi diselenggarakan karena sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Kemudian selain gunungan tumpeng, juga ada bendera sang merah putih yang juga menghiasi. Bukan hanya sebagai simbol atau wujud dari kecintaan terhadap tanah air dan bangsa Indonesia, namun pula kiranya menjadi harapan besar bagi dirinya tertancap sebuah jiwa patriotis kebangsaan melalui tradisi luhur dan budaya bangsa dengan terselenggaranya acara sedekah bumi ini.


Pantauan awak media, acara tersebut turut dihadiri beberapa pejabat teras Pemerintah Kabupaten Gresik. (Sub/Fjr)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم