Hari Kesehatan Jiwa dan Penglihatan Sedunia 2023, Dinkes Adakan Seminar di SMPN 1 Panji

Kabid P2P Dinkes Situbondo berikan arahan dan sekaligus membuka acara seminar


Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan Hari Penglihatan Sedunia  2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo melaksanakan integrasi program kesehatan jiwa dalam upaya kesehatan sekolah dan berikan layanan kesehatan kepada siswa-siswi SMPN 1 Panji, Kamis (12/10/2023). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMPN 1 Panji.


Dikonfirmasi awak media usai acara, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinkes Situbondo, Siti Fajriyah, S.Kep., menjelaskan, pelaksanaan integrasi program kesehatan jiwa ini ada beberapa rangkaian kegiatan. Antaranya mengadakan kegiatan seminar tentang kesehatan jiwa, skrining penyakit tidak menular (PTM), skrining indera penglihatan dan skrining menggunakan alat smokerlyzer untuk mengukur kadar karbon monoksida yang terdapat di dalam tubuh.


"Dalam seminar tersebut membahas tentang kesehatan jiwa bagi remaja, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM. Tadi memaparkan materi menjaga kesehatan mata, jiwa pada remaja dan resiko merokok. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi muda yang berkualitas," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Panji, Dra. Hj. Sri Rahayu Supandi, M.Pd., mengatakan, dalam upaya implementasi kesehatan sekolah, selama ini pihaknya bekerja-sama dengan Puskesmas Panji. Yaitu setiap satu bulan Puskesmas Panji datang ke sini untuk melakukan skrining kesehatan dan memberikan tablet penambah darah kepada remaja puteri (siswi) SMPN 1 Panji. Tak hanya itu, setiap guru yang mengajar di awal pembelajaran selalu memberikan pengetahuan atau wawasan kepada siswa-siswinya tentang bahaya narkotika.


"Para siswa-siswi kami tidak boleh membawa handphone (HP) ke sekolah agar mereka fokus mengikuti mata pelajaran. Dan mereka hanya diperbolehkan membawa HP ke sekolah saat P5 yang diadakan setiap Hari Jumat dan Sabtu," ucapnya.


Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMPN 1 Panji, Bu Yuyun (sapaan akrabnya) menambahkan, pihaknya juga bekerja-sama dengan Enike seorang psikolog. Jadi selain konsultasi dengan guru BP di sekolah, para siswa-siswi SMPN 1 Panji bisa bebas berkonsultasi dengan psikolog dan gratis. Di sisi lain, pihaknya merasa terbantu dan mengapresiasi adanya kegiatan skrining indera mata dan skrining smokerlyzer yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Situbondo di SMPN 1 Panji.


"Saya sampaikan terima-kasih kepada Dinkes Situbondo yang telah memberikan skrining kesehatan kepada siswa-siswi kami yang terwakili sebanyak 150 anak," ungkapnya.


Pantauan awak media, acara seminar integrasi tersebut turut dihadiri pengurus PGRI, beberapa guru BP SMP di Kabupaten Situbondo, tenaga pengajar SMPN 1 Panji. Selanjutnya narasumber seminar, dr. Dewi Prisca, Sp.,KJ., Generasi berencana (Genre) dan tim Iropin skrining indera penglihatan. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم