Gelar Mini Loka Karya Bersama Lintas Sektor, Puskesmas Panji Fokus Laksanakan ORI Campak

Plt Kepala Puskesmas Panji berikan pemaparan materi pada acara mini loka karya bersama lintas sektor

 

Jawapes, SITUBONDO -  UPT Puskesmas Panji kembali melaksanakan mini loka karya bersama lintas sektor dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, Rabu (11/10/2023) di salah satu cafe wilayah Kecamatan Panji.


Dikonfirmasi awak media usai memimpin rapat tersebut, Plt Kepala Puskesmas Panji, Hasmi menjelaskan, kegiatan loka karya merupakan agenda rutin dan saat ini membahas percepatan imunisasi campak atau measles rubella (MR) melalui pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) di wilayah kerjanya. Sampai kemarin, capaian imunisasi campak sekitar 9,3 persen yang terlaksana di 23 Posyandu dari jumlah total 59 Posyandu yang ada. Sehingga melalui kegiatan minlok lintas sektor ini, diharapkan bisa meningkatkan capaian imunisasi campak dari sisa 36 Posyandu yang belum terlaksana ORI.


"Alhamdulillah dari hasil minlok hari ini, peran serta dari lintas sektor memiliki strategi masing-masing, yaitu siap mendampingi kami melaksanakan sweeping menyasar bagi yang tidak hadir di Posyandu untuk dilakukan imunisasi. Imunisasi campak diberikan kepada balita usia 9 hingga 59 bulan," ujarnya.


Lebih lanjut, Hasmi menerangkan, untuk mensukseskan pelaksanaan imunisasi campak, sebelum sweeping dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Perlu diketahui, campak merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus golongan paramyxovirus dan sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi.


"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala selama pelaksanaan ORI imunisasi campak di 23 Posyandu. Kita targetkan pelaksanaan ORI di akhir bulan ini sudah selesai," pungkasnya.


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم