Pemkab Situbondo Fasilitasi Pertemuan Kelompok Tani Tembakau dan Buyer



Jawapes, SITUBONDO - Guna meningkatkan pendapatan petani dan memperluas area pemasaran, Pemkab Situbondo memfasilitasi pertemuan antara kelompok tani tembakau dengan sejumlah pembeli atau buyer serta investor. Dan sebagai salah satu bentuk upaya yang dilakukan yaitu dengan mendatangkan pengusaha Indonesia sekaligus aktor juga model, Jeremy Thomas beserta sejumlah pembeli tembakau lainnya.


Menurut Bupati Situbondo Karna Suswandi, hasil tembakau jenis kasturi atau krosok petani Situbondo kualitasnya bagus, namun untuk pemasaran masih terbatas. Sehingga dirinya mengajak buyer bertemu langsung dengan petani.


"Pengusaha Jeremy Thomas dan rekannya ini sangat memungkinkan untuk melakukan investasi di sektor pertanian tanaman tembakau, mengingat kualitas hasil panen tembakau di Situbondo tidak diragukan lagi. Selama ini sudah dikirim ke beberapa gudang tembakau ternama," kata bupati ketika kunjungan lapangan ke petani panen tembakau, Sabtu (2/9/2023) Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa.


"Jika sudah ada investor tembakau maka kami akan menjamin kualitas tembakau akan terjaga, meskipun permintaan terus meningkat," kata Bung Karna, sapaan Bupati Situbondo Karna Suswandi.


Mengenai produktivitas tembakau di Situbondo, kata bupati, tidak perlu diragukan karena berlebih, tinggal bagaimana menjaga kualitas tembakau perlu dijaga dan pemkab setempat akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan, sehingga harga dan kualitas tembakau bisa bersaing bukan hanya di tingkat kabupaten atau nasional, tapi juga internasional.


"Tahun ini Situbondo juga akan mengikuti pameran tembakau Asia, mudah-mudahan membawa nama baik. Di Situbondo ada dua tembakau yang sudah dikenal, yakni tembakau Kayumas (Kecamatan Arjasa) dan tembakau tambeng (Kecamatan Banyuglugur)," katanya.


Sementara itu, pengusaha asal Jakarta Jeremy Thomas mengatakan bahwa kedatangannya ke Situbondo ingin melihat langsung tanaman tembakau yang saat ini sudah mulai memasuki masa panen.


"Jadi kami bukan hanya investor yang datang melihat kesempatan lalu menanamkan modal, tidak. Tapi kami juga melihat bagaimana supaya mendorong orang yang bekerja itu sifatnya berkolaborasi dan bermitra dengan baik bukan hanya datang menanamkan investasi mengambil keuntungan, saya rasa itu mungkin metode yang sudah lama tapi sebagai orang Indonesia kami ingin melihat bgaimana supaya kita sesama orang Indonesia bisa saling bahu-membahu untuk menghasilkan," kata Jeremy.


Dari pantauan, Bupati Karna Suswandi mengajak pengusaha Jeremy Thomas bersama buyer tembakau melihat langsung ke lokasi tanaman tembakau yang saat ini sudah memasuki masa panen, termasuk gudang pengeringan tembakau. (*)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم