Kesenian Tayub Jadi Hiburan Wajib dalam Acara Bersih Desa Pocol

Kades saat memberikan sambutan pada acara bersih desa

Jawapes, NGAWI - Pemerintah Desa Pocol, Kecamatan Sine menyelenggarakan berbagai acara dalam rangka kegiatan bersih desa, Jumat (18/8/2023).


Ritual bersih desa di Desa Pocol merupakan gambaran sebagai wujud bersatunya manusia dengan alam, dirangkai dengan berbagai ritual.


Kegiatan bersih desa di Pocol sendiri, dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan serta kesejahteraan warga Pocol untuk satu tahun mendatang.


Ritual bersih Desa Pocol itu sendiri khususnya terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan. Antaranya diawali dengan istighosah doa bersama. Selain itu biasanya warga juga membersihkan makam yang dianggap keramat, terutama makam para leluhur, sosok atau tokoh yang pernah menjadi panutan masyarakat Desa Pocol serta dilanjut dengan bermacam gelaran hiburan rakyat.


Hiburan masyarakat dikemas dengan diadakannya pagelaran seni tayub yang juga turut mewarnai semaraknya kegiatan bersih Desa Pocol. Acara itu sendiri dimulai dari pukul 19.00 Wib dan di lanjut kesenian Tayub hingga selesai.



Dalam sambutannya, Kades Pocol, Uswatun Khasanah menyampaikan, rasa syukur karena pada kesempatan ini masih diberi kesehatan nikmat, sehingga bisa menghadiri serta menyaksikan pelaksanaan kegiatan bersih desa yang diselenggarakan oleh panitia pelaksanaan bersih Desa Pocol.


"Acara bersih desa dengan hiburan tayub di Desa Pocol ini di adakan tiap tahun di hari Jumat legi, dan sudah sebagai adat turun temurun. Kegiatan bersih desa yang di adakan di halaman kantor Desa Pocol ini sangat menarik antusias warga desa dengan memadati halaman kantor," ungkapnya. (Ant)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم