Pawai Karnaval Semarakkan Harjakasi ke-205, Bupati : Agar Masyarakat Lebih Mengenal Budaya Sendiri

salah satu peserta karnaval Harjakasi ke-205 melakukan aksi pertunjukan di hadapan penonton


Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka dan melepas pawai karnaval dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205. Giat tersebut mengambil start depan kantor Pemkab dan finish di Taman Makam Pahlawan (TMP), Sabtu (12/8/2023).


Dikonfirmasi awak media, Bupati menjelaskan tema yang diusung pada acara karnaval ini adalah "Bersama Kita Lanjutkan Situbondo Berjaya". Tema tersebut mengandung maksud agar kesinambungan pembangunan dalam melaksanakan berbagai kegiatan bisa dilakukan secara terus-menerus. Sebab yang namanya pembangunan itu dilakukan secara bertahap. Dengan berbagai tahapan-tahapan inilah yang perlu dilanjutkan sebagai bentuk upaya mencapai yang diidamkan sesuai dengan cita-cita bersama, yakni terwujudnya masyarakat Situbondo yang berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya).


"Karnaval yang digelar pada saat ini mengangkat budaya masing-masing daerah. Sehingga warga Situbondo bisa mengenalnya. Saya sangat bangga sekali karena banyak budaya-budaya kita yang perlu terus disosialisasikan di tengah masyarakat agar lebih mengenal budaya kita sendiri. Dengan mengenal, maka masyarakat akan bangga akan budaya nya sendiri," ujarnya.


Ditanya soal kiat-kiat untuk melestarikan budaya lokal, Bupati Situbondo mengatakan, pihaknya akan terus melaksanakan pawai budaya dalam bentuk acara karnaval. Ia telah menyampaikan agar pawai budaya ini dianggarkan dengan baik di APBD pada masing-masing OPD.


"Jadi masyarakat selain mengenal budaya yang ada di setiap daerah, sekaligus mengetahui apa saja progres pembangunan yang dilakukan oleh masing-masing OPD. Sehingga masyarakat secara visual bisa mengetahui apa yang telah diupayakan oleh Pemkab Situbondo," jelasnya.


Pantauan awak media ini, karnaval Harjakasi diikuti sebanyak 32 peserta terdiri dari OPD di lingkungan Pemkab Situbondo, Sekretariat Daerah, Sekertariat DPRD, BUMD, BUMN, RSUD dan instansi vertikal yang ada di Situbondo. Selain itu, tampak pula ribuan warga yang sangat antusias menyaksikan karnaval dengan memadati sepanjang rute yang dilalui. (Adv)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم