Tradisi Sedekah Bumi di Punden Pradah Kalikendal

 

Tradisi Sedekah Bumi di Punden Pradah Kalikendal


Jawapes, Surabaya - Tradisi sedekah bumi atau biasa disebut uri-uri budaya di selenggarakan di punden Mbah Pradah Barongan di Pradah Kalikendal merupakan simbol keguyuban warga serta rasa penghormatan kepada para sesepuh Pradah Kalikendal.


Puluhan warga berarak-arakan menuju Punden yang telah menjadi pusat pelaksanaannya. Seperti halnya di wilayah RW 01 dan RW 04 sambil membawa bermacam-macam tumpeng masyarakat berbondong-bondong membawa tumpeng yang berisi berbagai macam makanan ke punden mbah pradah barongan.

 

Hajar Sulistyono selaku Lurah Pradah Kalikendal mengatakan, Alhamdulillah, kelurahan pradah kalikendal ditahun ini bisa melaksanakan Sedekah Bumi dengan khidmad dan meriah setelah beberapa tahun kemaren adanya covid. "Sedekah Bumi atau Uri-uri Budaya dipradah kalikendal merupakan wujud rasa bersyukur warga pradah kalikendal atas rahmad berkah dan rejeki dari allah swt."


Tradisi Sedekah Bumi di Punden Pradah Kalikendal


“Dalam kirab, warga juga membawa aneka lauk pauk yang disantap bersama-sama di Punden mbah Pradah Barongan,” kata Lurah Pradah Kalikendal (22/07/2023). 


"Semoga dengan dilaksanakan rutin kembali kegiatan ini menjadi keberkahan serta kerukunan bagi warga untuk di tahun depan lebih baik." Harapnya Lurah Pradah Kalikendal


Abah Yaya selaku LPMK Kelurahan Pradah Kalikendal menambahkan, sebagai bentuk syukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada masyarakat khususnya masyarakat Prada kali Kendal.


"Sehingga wujud syukur ini memohon agar kedepannya warga lebih dimudahkan dalam mencari kehidupan diberikan kesehatan diberikan kelancaran dan hidup bisa tentram aman dan sejahtera." ucapnya Abah Yaya.


Tradisi turun temurun bangkitkan gotong royong ini tujuan utama dari diselenggarakan acara bersih desa di Prada kali Kendal dan untuk uri-uri budaya bahwa peninggalan dalam sejarah budaya yang ada di wilayah Prada kali kendal tidak lepas dari nenek moyang yang ada di wilayah. 


"Jadi bentuk syukur ini kita tujukan kepada Allah SWT yang telah memberikan kehidupan kepada kita semua dan menghormati budaya leluhur dan melestarikan budaya leluhur yang ada diWilayah Pradah Kalikendal."tutupnya. (Achmad)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم