Peningkatan Kapasitas, APDESI Situbondo Gelar Bimtek Bagi Kades dan Perangkat Desa

Pelaksanaan bimtek peningkatan kapasitas dan studi tiru yang diselenggarakan oleh APDESI Situbondo

 

Jawapes, SITUBONDO - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Situbondo menyelenggarakan bimtek peningkatan kapasitas dan studi tiru bagi kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Situbondo, di Gedung Serbaguna Pasir Putih, Kamis (207/2023).


Dikonfirmasi awak media, Ketua DPC APDESI Situbondo, H. Juharto menyampaikan, pada hari ini kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Situbondo mengikuti persiapan bimtek untuk berangkat studi tiru kedua desa yang ada di kota Kebumen dan Yogyakarta. Salah satunya desa yang terletak di pegunungan dan pesisir karena disesuaikan dengan kondisi alam Situbondo.


"Tentunya kami akan mengambil yang terbaik dari sana (studi tiru). Harapan kami sebagai Ketua APDESI, yaitu menghimbau kepada seluruh kepala desa bisa ikut semua untuk belajar bersama di sana," harapnya.


Sementara itu saat menghadiri acara tersebut, Sekretaris DPMD Situbondo, Akhriat Syahada Alam, S.Sos., M.Si., mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada kepala desa yang hadir dalam acara bimtek ini. Sebab bisa menjadi motivasi dan inovasi agar ke depan desanya lebih baik lagi. Kemudian, dari potret semua desa memiliki beragam inovasi dan kreasi. Tetapi yang diinginkan hasil studi tiru itu adalah inovasi dan kreasi yang tidak ada di Kabupaten Situbondo. Yaitu di titik beratkan bagaimana inovasi dan kreasi tersebut tidak menggunakan biaya yang besar tetapi manfaatnya berdampak bagi masyarakat, khususnya untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.


"Inovasi yang bisa membangkitkan pendapatan asli desa dengan anggaran yang minim. Selanjutnya, diharapkan anggaran inovasi dan kreasi yang ada di desa tidak menggunakan dana desa (DD) agar tujuan kesejahteraan masyarakat tercapai," ungkapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم