Serma Edi Hadiri Sosialisasi Olahan Jambu Biji Desa Kebaron

Sosialisasi pengolahan Jambu Biji dari Umsida

Jawapes, SIDOARJO
- Jambu biji merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Selain mudah untuk ditemukan, jambu biji juga merupakan buah dengan seribu manfaat. Bahkan, jambu biji juga merupakan tanaman buah unggulan di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo.


Maka tidak heran, jika Kepala Desa Kebaron Abah Suwito melestarikan kebun jambu biji tersebut dengan membuka wahana Wisata Petik Jambu yang diberi nama KAKI BUMI tersebut.


Kunjungan dalam rangka sosialisasi dari Umsida tersebut disambut dengan ramah serta antusias oleh Sri Sunarnik Ketua PKK (Ibu Kades).


Melihat potensi tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mencoba sosialisasi kepada ibu-ibu PKK Desa Kebaron.


Koordinator Sosialisasi dan Penyuluhan Pengolahan Jambu Biji dari Tim Pengabdian Masyarakat Umsida, Ida agustini saidi, Ir.Mp mengatakan, bahwa buah unggulan desa kebaron ini dapat diolah menjadi ice cream, brownis jambu biji dan jus jelly jambu biji.


"Setelah jadi jus jelly jambu biji, lalu di kemas ke dalam botol plastik mini. Sedangkan, brownis jambu bijinya kami kemas menggunakan kotak mika dengan atasan transparan supaya tampilannya lebih menarik," kata Ida Agustini Saidi, Ir.Mp, Selasa (14/3/2023).


Setelah diolah dan dikemas, kata Ida, nilai jual jambu biji tersebut otomatis bertambah. Masyarakat pun pada akhirnya antusias untuk mencoba dan meneruskan ide tersebut.



"Jambu biji yang awalnya memiliki nilai jual yang rendah ini, setelah diolah nilai jualnya jadi tinggi. Apalagi olahan jambu biji ini rasanya enak dan dikemas menarik. Tentu saja akan meningkatkan nilai jualnya," tutupnya.(tyaz)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم