Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Rapat Pembinaan Linmas

Rapat pembinaan dan sosialisasi anggota Linmas

Jawapes, SIDOARJO
- Danramil 0816/11 Tarik Kapten Chb Djenal Abidin dampingi Forkopimka dan juga dihadiri perwakilan dari DPRD Kabupaten Sidoarjo sebagai narasumber dalam kegiatan 'Rapat Pembinaan dan Sosialisasi anggota Linmas terkait Keamanan dan Ketertiban Lingkungan' di Aula Kecamatan Tarik, Sidoarjo, Selasa (7/3/2023).


Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang diantaranya Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Fraksi Gerindra H. Kayan, Komisi B DPRD Sidoarjo Fraksi PKB Setyowati, Camat Tarik diwakili Sekcam Abdul Aziem, Danramil 0816/11 Tarik Kapten Chb Djenal Abidin, Kapolsek Tarik diwakili Iptu Suprapto, Kasi Trantib Abd Rokhim dan perwakilan Linmas tiap desa se-Kecamatan Tarik.


Dalam penyampaiannya, H. Kayan mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun politik dengan adanya Pileg dan Pilpres pada tahun 2024. "Untuk itu perlu mengantisipasi gejolak maupun kekisruhan yang ada di wilayah. Anggota Linmas sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan Pemilu maka harus semangat dan tentunya harus ada dana pendukung dalam pelaksanaan tugas pengamanan nantinya," ujarnya. 


Dengan tugas yang semakin komplek melalui  peraturan menteri dalam negeri no 26 tahun 2020 maka tugas linmas diantaranya membantu penanggulangan bencana, membantu menjaga keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial masyarakat, membantu menjaga keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam rangka Pemilu dan membantu upaya pertahanan negara sebagai komponen cadangan, tuturnya. 


Pada kesempatan ini, Danramil 0816/11 Tarik Kapten Chb Djenal Abidin,  memberikan arahan dan mengajak kepada anggota Linmas, untuk lebih peka terhdap kondisi lingkungan didesanya terutama keamanan dan ketertiban desa, terutama agar mewaspadai tamu asing atau orang asing yang ada didesa. "Ini merupakan wujud peran aktif linmas dalam usaha deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan adanya tindakan yang menganggu keamanan dan ketertiban desa," katanya.


Lebih lanjut disampaikan bahwa linmas merupakan mitra Babinsa dan Bhabinkamtibmas, oleh karena itu peran linmas sangatlah dibutukan apalagi menjelang Pilpres maupun Pileg mendatang. "Linmas merupakan unsur terdepan dalam pengamanan pusat pemungutan suara yang ada didesanya," tutupnya.(tyaz)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم