Cegah Penyakit Kecacingan, Puskesmas Panji Lakukan Pemberian Obat Cacing di Posyandu dan Sekolah

Petugas kesehatan Puskesmas Panji memberikan tablet obat cacing kepada anak-anak di Posyandu 

 

Jawapes, SITUBONDO - Puskesmas Panji buka layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan melaksanakan kegiatan rutin pemberian obat pencegahan massal (POPM) kecacingan pada balita dan anak, di Posyandu Kenanga, Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Selasa (7/3/2023).


Rusmandani selaku Koordinator POPM Kecacingan UPT Puskesmas Panji mengatakan, pemberian obat cacing rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun dan sasarannya adalah anak usia 1 sampai 12 tahun. Anak-anak perlu mendapatkan obat cacing karena mereka sangat mudah terinfeksi cacing perut, sehingga bisa berdampak buruk pada anak. Penyakit cacingan berbahaya bagi anak-anak karena yang pertama dapat mengganggu masa pertumbuhannya. Kedua, perkembangan motorik dan kinerja kognitif terganggu. Ketiga, potensi kecerdasan anak menjadi berkurang. Keempat, anak akan kurang gizi, mudah sakit dan rewel. Kelima, bisa menyebabkan anemia.


"Penyakit cacingan penularannya berasal dari telur cacing yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Seperti ketika anak-anak bermain tanah tidak menggunakan alas kaki, lalu jarang cuci tangan dan kuku tidak di potong. Selanjutnya penularan melalui berjabat tangan, buang air besar sembarangan, serta konsumsi makanan yang tidak higienis," paparnya.


Lebih lanjut Rusman menyampaikan, diharapkan setelah dilakukan pemberian obat cacing Albendazole kesehatan anak akan bertambah dan tentunya kegiatan ini sebagai langkah untuk pencegahan agar mereka (anak-anak) terhindar dari penyakit cacingan. Tak hanya di Posyandu, Puskesmas Panji juga melaksanakan kegiatan program pemberian obat cacing di sekolah-sekolah untuk menyasar para peserta didik. 


Disisi lain, Penanggung-jawab Ponkesdes Desa Tokelan, Yumi Aisyah menambahkan, sesuai petunjuk, dosis obat cacing yang diberikan kepada balita usia 1 sampai 2 tahun adalah setengah tablet. Sedangkan bagi anak yang berusia diatas dua tahun di kasih satu tablet obat cacing. Penyakit cacingan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya stunting karena menyerang saluran pencernaan. 


"Jadi asupan gizi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh diserap oleh cacing, sehingga bagi penderita penyakit tersebut akan mengalami kekurangan gizi dan nutrisi. Oleh karena itu, pemberian obat cacing perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit cacingan. Hari ini di Posyandu ada sebanyak 39 balita yang menjadi sasaran pemberian obat cacing," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم