Wabup Situbondo Canangkan Gerakan PKK Sehat Lestari Berencana

Wabup Situbondo Canangkan Gerakan PKK Sehat Lestari Berencana
Wabup Situbondo berikan sambutan dalam kegiatan pencanangan PKK sehat lestari berencana

 

Jawapes, SITUBONDO - Wabup Situbondo, Hj. Khoirani,S.Pd., M.H., melakukan pencanangan kegiatan PKK Sehat Lestari Berencana dengan mengusung tema "Mewujudkan Perilaku Sehat, Lingkungan Bersih dan Keluarga Berkualitas Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting", di pendopo Aryo Kabupaten Situbondo, Kamis (1/12/2022).


Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, kegiatan pemberdayaan untuk mendukung program keluarga berencana dan kesehatan yang berkaitan dengan 10 program PKK. Khususnya program ketujuh, sembilan dan sepuluh yang meliputi kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Hal tersebut dilaksanakan dengan cara terpadu dan berkesinambungan dengan peningkatan kerja-sama lintas sektor.


"Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat. PKK dan institusi KB kesehatan di desa bersama kader-kader menjadi ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama," terangnya.


Hj. Khoirani menjelaskan, pemberdayaan masyarakat yang sesungguhnya akan berdampak pada keberhasilan pemerintah dalam mencapai target program peningkatan kualitas kesehatan keluarga beserta gizinya. Upaya tersebut dilaksanakan secara berjenjang sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, mulai dari jenjang admistrasi sampai jenjang paling bawah, yaitu desa melalui program pembinaan terpadu PKK sehat lestari berencana. Selanjutnya, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan kader PKK kepada masyarakat. Yaitu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat.


"Diharapkan masyarakat dapat berperan aktif memantau kesehatan balitanya di posyandu, serta merencanakan keluarga yang sehat dan sejahtera dengan keluarga berencana. Semoga gerakan PKK ini akan mampu menjadi motor penggerak bagi peningkatan partisipasi semua pihak," harapnya.


Acara tersebut dihadiri Sekdakab Situbondo Wawan Setiawan, SH., MH., Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo Hj. Juma'ati Karna Suswandi, Kepala DP3APPKB, Direktur RSAR, Camat, Kepala Puskesmas dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Situbondo. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم