Beri Sosialisasi di Kanwil BPN Provinsi Banten, Harison Mocodompis: Komunikasi Efektif Bangun Kepercayaan Masyarakat

Jawapes Serang - Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi, strategi komunikasi yang efektif menjadi salah satu fondasi utama. Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Harison Mocodompis, menekankan bahwa komunikasi bukan sekadar menyampaikan pesan, tetapi tentang pesan itu diterima dan dipahami dengan baik oleh audiens.

“Komunikasi itu penting. Interaksi yang diperlukan untuk berbagi informasi harus benar-benar baik, agar dapat membangun pemahaman, hubungan yang kuat, dan kepercayaan publik. Kalau kita mencintai masyarakat, maka pilihlah cara berkomunikasi yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” ujar Harison Mocodompis dalam kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Implementasi Strategi Komunikasi dan Pengelolaan Pengaduan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Banten, Selasa (14/10/2025).

Menurutnya, strategi komunikasi yang efektif idealnya menyasar empat kelompok utama, yakni masyarakat umum, mitra strategis (seperti LSM dan kampus), instansi pemerintah lainnya, serta media atau jurnalis. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap tugas dan fungsi kita,” tutur Harison Mocodompis.

Dalam paparannya, Kepala Biro Humas dan Protokol juga memperkenalkan kerangka kerja dan 4 model strategi komunikasi PESO (Paid, Earned, Shared, dan Owned Media) sebagai pendekatan komunikasi yang komprehensif.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, melaporkan perkembangan dalam bidang kehumasan yang ada di wilayahnya. Dikatakannya, selain di Kanwil, seluruh Kantah di Banten sudah memiliki unit kerja humas. “Semua sudah memiliki tim dan cukup aktif dalam mengemas serta menginformasikan kegiatan-kegiatan positif yang ada di kantor untuk mengimbangi konten-konten negatif,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini, Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengaduan Masyarakat, Adhi Maskawan, juga memberikan pengarahan terkait pengelolaan pengaduan masyarakat. Ia mengingatkan jajaran di Banten akan pentingnya sistem pengelolaan pengaduan yang responsif dan terstruktur sebagai bagian dari pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Untuk itu, pencapaian kinerja komunikasi di Kanwil BPN Provinsi Banten sendiri juga menunjukkan hasil yang cukup baik. Berdasarkan penilaian Indeks Strategi Komunikasi dengan Skala 4, Provinsi Banten memperoleh skor 3,66.

Adapun sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Subbagian Pemberitaan dan Media, Arie Satya Dwipraja; Kepala Subbagian Pengaduan Masyarakat, Tegar Keberanian; dan diikuti jajaran Kanwil BPN Provinsi Banten. Kegiatan ini jadi bagian dari upaya berkelanjutan memperkuat komunikasi publik di lingkungan Kementerian ATR/BPN. 

( Eko/Humas)

Baca Juga

View

Post a Comment

Hi Please, Do not Spam in Comments

أحدث أقدم

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan