Drs. Maryoto Birowo, MM. Resmikan Pasar Hewan Terpadu Di Desa Sumberdadi


Prosesi saat pemotongan pita dilakukan oleh Drs. Maryoto Birowo, MM, di dampingi Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, 

Jawapes, TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung melaksanakan acara Tasyakuran dalam rangka Pindahan/Boyongan Pasar Hewan Terpadu di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, mulai pukul 10.30 WIB. Rabu (22/12/2021).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.


"Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan selamatan dan tasyakuran pindahan ini diharapkan, agar para pedagang bisa melaksanakan aktifitas di tempat yang baru dalam keadaan yang selamat dan diberikan kelancaran oleh Alloh SWT guna mencari rezeki".

Kepala Disperindag juga menambahkan, bahwasannya untuk pedagang yang ada di pasar hewan terpadu, yang merupakan pindahan dari pasar hewan Beji Boyolangu, terdiri dari jumlah pedagang makanan minuman sejumlah 56 pedagang. Sedangkan untuk pedagang ternak kurang lebih ada 200 pedagang sapi, dan 150 pedagang kambing, yang berasal dari Kabupaten Blitar, Kediri, Magetan, Trenggalek dan juga Malang.


Terdapat 4 blok bangunan termasuk 16 kios, 1 kantor pengelola, 1 pos jaga dan 2 kamar mandi. Sedangkan untuk tambatan sapi tersedia 50 tambatan yang bisa menampung sekitar 700 ekor sapi. Kemudian untuk tambatan kambing tersedia 20 tambatan yang bisa menampung sekitar 350-400 ekor kambing.

"Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan,bahwa pembangunan pasar hewan terpadu berlatar belakang keinginan Kabupaten Tulungagung memiliki sebuah pasar hewan yang terdapat fasilitas lengkap dalam satu lahan pasar yang terintegrasi mulai dari pemeriksaan kesehatan dan jual beli hewan. Perlu diketahui bersama, potensi peternakan utamanya sapi di Kabupaten Tulungagung berdasar Tulungagung Dalam Angka sebesar 137.095 ekor", terangnya.

"Lebih lanjut, Bupati Tulungagung menjelaskan, dengan adanya pasar hewan yang terpusat di Pasar Hewan Terpadu Sumberdadi ini dapat menjamin mutu dan kualitas hewan ternak yang di perjual-belikan, serta dapat memicu kepercayaan masyarakat Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya untuk meningkatkan kegiatan jual belinya, sehingga kedepan dapat meningkatkan aktifitas perekonomian di lokasi pasar hewan terpadu dan lingkungan sekitar," pungkasnya.

Di sela rangkaian acara dilaksanakan selametan pindahan pasar hewan terpadu yang juga ditandai potong tumpeng dan pita oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, dimana hal ini telah dinyatakan resmi dibukanya pasar hewan terpadu di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.(Rul)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama