Lapas Kota Agung Lakukan Screening HIV/AIDS, Hepatitis dan TBC pada WBP

Kegiatan Screening HIV/AIDS, Hepatitis dan TBC pada WBP di Lapas Kota Agung 



Jawapes Tanggamus - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Agung menggelar kegiatan pemeriksaan HIV, HbsAg (Hepatitis) dan Sputum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (04/08/2022).


Adapun pemeriksaan dilakukan di Aula Besar Lapas Kelas IIB Kota Agung pada pukul 09.00 WIB sampai selesai. Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh WBP Lapas Kota Agung tanpa terkecuali.


Kegiatan pemeriksaan ini digelar dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia (HHS) yang diperingati pada 28 Juli lalu, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus melalui tim dari Puskesmas Negara Batin, Kotaagung Barat dalam


WBP dipanggil per-Kamar dan terlihat antri dengan tertib untuk menunggu pemeriksaan yang diawali dengan screening atau wawancara riwayat kesehatan, dilanjutkan pengambilan sampel darah untuk dites menggunakan 2 alat screening yang berbeda, yakni tes HIV dan Hepatitis, kemudian untuk tes TBC menggunakan sampel Sputum (dahak), terakhir menunggu hasilnya keluar untuk kemudian didata.





"Kegiatan pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama program pelayanan kesehatan antara Lapas Kotaagung dengan Dinas Kesehatan kabupaten Tanggamus  khususnya dalam hal pencegahan penyakit menular, salah satunya yaitu penyakit Hepatitis, HIV/AIDS dam TBC," ungkap Kalapas. Kota Agung, Beni Nurrahman saat memonitor secara langsung kegiatan ini.


Kalapas mengatakan jika ditemukan positif terkena virus diantara ketiga penyakit tersebut, Lapas Kota Agung akan segera mengambil tindakan pengendalian, seperti dilakukan isolasi dan pengobatan lebih lanjut. Tentunya dengan selalu berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus untuk pemantauan dan pengobatan sampai sembuh.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Negara Batin, Kecamatan Kota Agung Barat, Poniah mengucapkan Syukur Alhamdulillah karena kedatangan kami telah diterima dengan baik oleh Lapas Kota Agung.


"Selain kami bisa menjalani program kesehatan, Kami juga senang bisa membantu para WBP Lapas Kota Agung untuk memenuhi haknya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik," pungkas Poniah. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama