Inovasi Baru, CASN Rutan Kota Agung  Inisiasi Kuman Post

CASN Rutan Kota Agung  Inisiasi Kuman Post


Jawapes Tanggamus - Kepala Rutan (Karutan) Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh bersama jajaran terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Hal tersebut memotivasi jajaran Subseksi Pelayanan Tahanan melaunching Layanan "Kuman Post", Selasa (09/08/2022). 


Bukan sembarang kuman, "Kuman Post" yang ada di Rutan Kota Agung adalah Layanan Kunjungan Kamar Hunian dan Promosi Kesehatan. Layanan ini merupakan salah satu program aktualisasi yang diinisiasi CASN jabatan fungsional perawat bernama Resty Dwiyanti Rochman.



"Dalam kegiatan Kuman Post ini, dilakukan kunjungan kamar hunian untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi WBP dan lingkungan kamar hunian. Tujuannya untuk mendeteksi/mengontrol hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam menunjang peningkatan derajat kesehatan WBP. Selain itu,  memotivasi WBP untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam kamar hunian dan pentingnya kesadaran akan kesehatan diri sendiri," jelas Sobirin. 


Dalam pelaksanaan perdananya hari ini, telah dilakukan kegiatan Layanan Kuman Post di 2 kamar hunian oleh Resty Dwiyanti Rochman sebagai petugas kesehatan (perawatan) didampingi petugas pengamanan. Kegiatan diawali dengan pembukaan, lalu pengecekan kamar hunian dan pemberian arahan kembali mengenai alur pengobatan serta pemberian promosi kesehatan terkait permasalahan yang ada dalam kamar hunian. Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin 2 kali dalam satu minggu. 


Sementara itu, Kasubsi Pelayanan  Tahanan, Prameswari, sebagai mentor Resty dalam pelaksanaan program ini, berharap layanan Kuman Post bisa menjadi alat kontrol bagi petugas untuk memantau kondisi lingkungan dikamar hunian yang berimbas pada naiknya derajat kesehatan WBP Rutan Kota Agung. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama