Kapolda Jatim Nyatakan Siap Kawal Pengamanan Persidangan MSAT di PN Surabaya





Jawapes, SURABAYA - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta menyatakan, pihaknya akan mengawal dengan melakukan pengamanan sidang perkara pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) yang akan digelar pada tanggal 18 Juli 2022 di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

“Terkait dengan MSAT, polisi akan mem-back up pelaksanaan sidang, pengamanan, maupun nanti sampai proses pelaksanaan sidang selesai,” ujarnya, Senin (11/7/2022).

Karena itu, Irjen Nico mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan juga siap memenuhi permohonan atau permintaan nantinya oleh PN Surabaya.

Dirinya juga berharap, MSAT bisa mengikuti ketentuan hukum yang berlaku. Karena proses sidang menjadi kesempatan MSAT untuk melakukan pembelaan diri jika merasa tidak bersalah.

“Ayo kita ikuti proses penegakan hukum, karena yang bersangkutan mempunyai ruang, mempunyai kesempatan bahkan juga dilindungi undang-undang untuk melakukan pembelaan diri. Jadi silahkan diambil kesempatan ini,” himbau Irjen Nico.

Irjen Nico berkomitmen bahwa Polda Jatim akan mendukung penuh proses pelaksanaan jalannya sidang MSAT. Dirinya juga mengajak masyarakat, terkhusus Jatim, untuk mendukung proses jalannya penegakan hukum. Selain itu, dia menghimbau agar seluruh pihak tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu jalannya persidangan.

“Saya yakin dan percaya, (Polda Jatim) telah melakukan komunikasi yang baik. Tentu juga disadari dan juga dimengerti, bahkan oleh orang tuanya (orang tua MSAT, red) juga sekalian,” tandasnya.(Hari)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama