Dukung Fasilitas Air Bersih, Pemdes Blimbing Gandeng Bapeda Adakan Sosialisasi Pamsimas

Kepala Desa Blimbing bersama Pokmas ketika foto bersama setelah mengikuti acara sosialisasi Pamsimas Tahun 2022

 

Jawapes, SITUBONDO - Tingkatkan kualitas hidup kesehatan masyarakat, Pemerintah Desa Blimbing, Kecamatan Besuki menggandeng Bapeda Situbondo gelar Sosialisasi Desa Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun 2022, bertempat di balai desa setempat, Kamis (30/6/2022).


Staff Bidang Infraswil Bapeda Situbondo, Mahendra menjelaskan, Pamsimas merupakan program pemberdayaan yang melibatkan masyarakat secara aktif mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan sampai pengelolaan. Dia berharap program Pamsimas di Desa Blimbing bisa sukses, sehingga tersedia air bersih di tengah masyarakat. Tadi ketika acara sosialisasi berlangsung, kepala desa membentuk kelompok masyarakat (Pokmas) yang ditugaskan sebagai pelaksana desa. Bagi mereka yang sudah terpilih sebagai Pokmas diharapkan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, yaitu mensukseskan program pamsimas di Desa Blimbing.


"Program pamsimas sebagai upaya untuk mendukung program ODF (Open Defecation Free). Kebetulan di tahun ini Desa Blimbing memperoleh prorgam pamsimas yang bersumber dari APBN. Dalam jangka waktu 120 hari pembangunan pamsimas ditargetkan sudah selesai, karena harapannya sebelum akhir Bulan Desember bisa melakukan uji fungsi," ucapnya.


Sementara, Kepala Desa Blimbing Edy Hartono mengatakan, pihaknya akan mengelola program Pamsimas menjadi Bumdes agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas air bersih. Warga Desa Blimbing sangat terbantu dengan adanya program Pamsimas dan semoga bisa segera terealisasi.


"Pembangunan program Pamsimas akan di tempatkan di Dusun Kesambi karena wilayah tersebut selama ini kekurangan air bersih," pungkasnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama