Pemdes Sobrah Salurkan BLT DD Tahap Ke III Kepada 83 KPM Sebagai Jaring Pengaman Sosial

Puluhan KPM di Desa Sobrah menerima BLT DD tahap III


Jawapes, MADIUN - Upaya pemulihan kesejahteraan ekonomi masyarakat pasca pandemi terus dilakukan oleh pemerintah desa Sobrah, kecamatan Wungu. Yaitu dengan memberikan BLT DD tahap ke III Bulan Febuari sampai Maret sebesar Rp600 ribu kepada 83 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bertempat di balai desa, Kamis (17/3/2022).

 

Pada pelaksanaan penyaluran BLT DD tersebut seluruh KPM yang datang mematuhi himbauan untuk menjalankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Proses penyaluran BLT DD berjalan secara teratur dan kondusif. Dalam pelayanannya, perangkat desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa turut aktif membantu sehingga  terlaksana dengan tertib dan lancar. Dikarenakan memang pada umumnya KPM BLT DD ini merupakan orang tua dan atau lansia.


Siti Asiyah, AMD.Kom., Kepala Desa Sobrah mengatakan, pembagian BLT DD bulan Maret Tahap ke III sebesar Rp 300 ribu kepada 83 KPM sebagai upaya pemdes membantu pemulihan ekonomi warganya pasca pandemi, hal ini diatur sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 104 Tahun 2021 yang mengatur penggunaan dana desa dan mengamanahkan pemerintah desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT).


"Pandemi corona sangat berdampak bagi kehidupan ekonomi masyarakat desa khususnya yang tidak tercover progam bantuan lain. Menurut saya BLT DD sudah tepat. Kebijakan tersebut untuk meminimalkan dampak buruk pasca pandemi Covid-19 bagi warga desa serta mempercepat penuntaskan penanganan kemiskinan di desa sebagai jaring pengaman sosial,"ungkap Kades.


Siti Asiyah berharap pandemi segera berakhir dan kembali normal agar progam pembangunan di desa segera dapat berjalan kembali, baik infrastruktur, pemberdayaan masyarakat maupun penguatan ekonomi. Dirinya berpesan kepada warga penerima BLT DD untuk dapat memanfaatkan bantuan BLT DD untuk kebutuhan hidup yang lebih bermanfaat.


"Pergunakan bantuan ini sesuai kebutuhan yang lebih bermanfaat," tutupnya. (bun)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama