Jelang Lebaran, Pemkab Situbondo Salurkan Insentif Kepada Ribuan Guru Ngaji dan Minggu

Bupati Situbondo secara simbolis menyerahkan insentif kepada guru ngaji

 

Jawapes, SITUBONDO - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemkab Situbondo menyalurkan insentif kepada guru ngaji dan guru minggu senilai Rp1.5 juta per orang, salah satunya diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Panarukan, Jumat (29/4/2022).


Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi mengatakan insentif yang diberikan pemerintah daerah senilai Rp1.5 juta bukan nilai yang besar jika dibandingkan dengan besarnya jasa seorang guru ngaji yang telah mengamalkan ilmunya sehingga anak-anak menjadi pandai membaca Al-Quran. Seandainya kalau tidak ada guru ngaji, maka tidak akan ada orang yang pintar baca Al-Qur'an sampai hatam dan melakukan tadarus. 


"Mudah-mudahan tahun depan kita bisa memberikan insentif yang lebih kepada guru ngaji dan minggu," ungkapnya.


Plt Kadispendikbud Situbondo, Siti Aisyah menjelaskan, tahun ini jumlah guru ngaji dan minggu yang menerima dana insentif sebanyak 4.801 orang, sedangkan tahun kemarin ada 4.691 orang. Artinya pada tahun ini jumlah penerima insentif mengalami penambahan dengan total anggaran sekitar Rp7,2 Miliar. Tak hanya itu, besaran nominal insentif guru ngaji dan minggu juga mengalami peningkatan. Dua tahun lalu sebanyak Rp1.1 juta dan tahun ini di bawah kepemimpinan Bupati Bung Karna serta Wabup Hj. Khoirani naik menjadi Rp1.5 juta.


"Pemberian insentif guru ngaji dan minggu, rutin kita lakukan setiap setahun sekali. Tak hanya pemberian insentif, Bupati Situbondo juga memberikan bonus souvernir berupa sarung dan mukena kepada guru ngaji, serta selimut untuk guru minggu. Jadi pemberian insentif ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada guru ngaji dan minggu yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Situbondo," jelasnya.


Plt Kadispendikbud Situbondo menyalurkan Insentif kepada guru minggu


Sementara itu, salah satu guru ngaji Hernadi warga Desa Wringin Anom mengucapkan terima-kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan insentif kepada guru ngaji dan minggu. Ia mengungkapkan rasa senang dan terbantu adanya pencairan insentif guru ngaji menjelang lebaran Idul Fitri, semoga membawa barokah. 


"Tadi pak bupati dihadapan guru ngaji dan minggu menyampaikan Insyaallah tahun depan akan ada penambahan insentif. Mudah-mudahan bisa terwujud untuk meningkatkan kesejahteraan para guru ngaji dan minggu," harapnya.


Pantauan awak media, acara tersebut dihadiri langsung Bupati Situbondo, Kepala OPD terkait, Camat Panarukan, Danramil, Kapolsek dan para guru ngaji dan minggu. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama