Tutup Pelatihan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Berikan Piagam Penghargaan

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Situbondo ketika menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta pelatihan kerja

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Ketenagakerjaan Situbondo melaksanakan penutupan kegiatan pendidikan dan pelatihan  keterampilan masakan dari olahan bahan dasar buah naga, bagi pencari kerja berdasarkan kompetensi klaster kompetensi di Cafe Vila, Desa Sumber Kolak, Kecamatan Panarukan, Jumat (11/3/2022). Sebelumnya kegiatan pelatihan diselenggarakan selama 20 hari.


Ali Munir, S.ST., selaku Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Situbondo mengatakan pada triwulan pertama Bulan Maret tahun ini, pihaknya telah menyelesaikan pelatihan olahan masakan buah naga dan berharap bagi para peserta setelah diberi bekal keahlian mampu membuka usaha kerja atau berwirausaha secara mandiri. Jadi mereka bisa membuka lapangan pekerjaan sebagai langkah mendukung program pemerintah dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Dari 20 peserta yang sudah dilatih, ada 10 orang yang mendapatkan piagam penghargaan dari Dinas Ketenagakerjaan dan penilaiannya diperoleh atas dasar keterampilan, kedisiplinan serta attitude. Selanjutnya yang terpilih masuk peringkat 10 besar akan dilimpahkan ke Diskoperindag untuk mendapatkan bimbingan.


"Kami ucapkan terima kasih kepada BLK Situbondo karena instrukturnya telah memberikan pelatihan kepada peserta agar siap memasuki dunia kerja. Pasca pelatihan, setiap tiga bulan sekali Disnaker akan melakukan monev kepada peserta pelatihan yang sebelumnya sudah membentuk kelompok. Jadi nanti kami akan memberikan form kepada ketua kelompok untuk menyusun laporan dan selanjutnya diserahkan ke Disnaker," jelasnya.


Lebih lanjut, Sekdis Disnaker menambahkan bahwa untuk memperoleh sertifikasi kompetensi, maka pihaknya akan memfasilitasi seluruh peserta untuk mengikuti uji kompetensi di LSP. Tujuannya adalah sebagai tanda bukti bahwa mereka benar-benar berkompeten dibidangnya dan menambah nilai tawar.


Pantauan awak media, acara tersebut turut dihadiri Kabid Pelatihan Kerja dan Produktifitas Maharani Arkizatul Mamlu'ah, SH beserta staff, perwakilan BLK Situbondo, pihak Bank BRI dan para peserta pelatihan kerja. Kemudian usai acara Disnaker Situbondo menyerahkan sertifikat kepada 20 peserta sebagai tanda telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kerja. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama