Standartkan Alat UTTP, Diskoperindag Situbondo Buka Layanan Tera dan Tera Ulang

Petugas penera Diskoperindag Situbondo ketika melakukan tera dan tera ulang UTTP milik pelaku usaha


Jawapes, SITUBONDO - Untuk menjamin kebenaran pengukuran pada alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Situbondo melalui bidang Metrologi telah membuka Kantor Pelayanan Tera dan Tera Ulang di Jalan Sucipto area Pasar Mimbaan Baru, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji sejak Bulan Februari Tahun 2022. 


Saat dikonfirmasi oleh awak media, Selasa (8/3/2022). Kabid Metrologi Diskoperindag Situbondo Suciningsih, S.Sos menerangkan bahwa pihaknya telah menyediakan layanan tera dan tera ulang. Jadi para pelaku usaha dan toko yang menggunakan alat UTTP ketika berniaga dapat mendatangi kantor   pelayanan tera dan tera ulang yang berlokasi di pasar Mimbaan baru. Lalu apabila alat timbangannya terlalu besar bisa mengajukan surat ke Diskoperindag sehingga petugas penera bisa hadir ke tempat yang membutuhkan jasa layanan tera dan tera ulang. Tujuan dilakukan tera ulang yaitu untuk menstandartkan alat UTTP milik pelaku usaha atau pedagang, sehingga timbangannya sesuai kembali normal. Tak hanya itu, antara pedagang dan konsumen diharapkan tidak ada yang dirugikan.


Menurutnya, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Situbondo Nomor 07 Tahun 2019 tentang retribusi pelayanan tera dan tera ulang telah disebutkan bagi semua pelaku usaha harus melakukan tera dan tera ulang UTTP yang ada ditempatnya. Lalu untuk tarif pembayaran retribusinya sudah ditentukan didalam aturan tersebut.


"Setiap setahun sekali alat UTTP harus di tera ulang dan akan dikasih stiker. Jadi bisa ketahuan kalau ditandai dengan stiker antara yang sudah ataupun masih belum dilakukan tera ulang," jelasnya.


Lebih lanjut, Kabid Metrologi menambahkan bahwa pihaknya juga menerima layanan tera dan tera ulang UTTP bagi pelaku usaha yang ada di dalam daerah ataupun luar kota, jadi mereka bisa langsung mendatangi kantor. (Fit/Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan