Komisi III DPRD Menyarankan Pemasangan Rambu Larangan Parkir di Daerah Rawan Kemacetan Arus Lalin

Komisi III DPRD Situbondo bersama Forum Lalu-Lintas ketika melaksanan rapat pembahasan arus lalin jelang Bulan Ramadhan

Jawapes, SITUBONDO - Antisipasi terjadinya kepadatan arus lalu-lintas jelang Bulan Ramadhan, Komisi III DPRD Situbondo gelar rapat koordinasi bersama forum lalu lintas yang dihadiri Dinas Perhubungan, Satlantas Polres, Satpol PP dan DPUPP, bertempat ruang rapat DPRD Situbondo, Selasa (29/3/2022).


Arifin selaku Ketua Komisi III DPRD Situbondo mengatakan ketika rapat pihaknya mengusulkan dan menghimbau agar forum lalu lintas melakukan kajian-kajian ulang. Sebab saat memasuki Bulan Ramadhan, biasanya di pusat perkotaan Kabupaten Situbondo ada daerah-daerah yang rawan menyebabkan kemacetan arus lalu-lintas, yaitu salah satunya seperti di pusat perbelanjaan toko KDS dan sekitarnya. Dari hasil rapat bersama forum lalu-lintas akhirnya menghasilkan beberapa keputusan, antaranya bagi wilayah yang rawan menyebabkan kemacetan harus dipasang rambu larangan parkir. 


"Jadi parkirnya harus dua sisi, yakni sisi kanan dan sisi kiri jalan atau bisa juga berhenti di tempat parkir area Alun-alun kota. Kami berharap agar forum lalu-lintas menindak tegas kepada para pengendara yang telah melanggar rambu larangan parkir," harapnya.


Lebih lanjut politisi Fraksi PPP tersebut menerangkan, berdasarkan Undang-undang LLAJ Nomor 20 Tahun 2009 Pasal 43, telah menyebutkan bahwa jalan nasional dan jalan provinsi dilarang untuk dijadikan tempat parkir. Komisi III menyarankan sebelum memasuki Bulan Ramadhan, aturan kebijakan rambu larangan parkir ini sudah diberlakukan. 


"Kami mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat dan bahkan saya sendiri merasakan ketika melintas depan toko KDS dan kantor BCA Situbondo sering mengalami kemacetan jalan. Artinya kondisi arus lalu-lintas tidak lancar karena disebabkan ada kendaraan yang parkir dibahu jalan nasional dan terkadang ada aktifitas bongkar muat barang. Sehingga dapat mengganggu pengendara pengguna jalan raya. Untuk mengatasi kemacetan di jalan tersebut, saya kira perlu ada kebijakan pemberian rambu larangan parkir," pungkasnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama