Jaga Kelestarian Lingkungan, Koramil Panji Laksanakan Karya Bakti TMMA

Personil Koramil Panji bersama anggota Polsek dan warga setempat melaksakan karya bakti membersihkan irigasi sungai

 

Jawapes, SITUBONDO - Personil Koramil Panji menggelar Karya Bakti membersihkan irigasi sungai di wilayah Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Kamis (31/03/2022).


Karya bakti TNI Manunggal Membangun Air (TMMA) tahun 2022 dititik pusatkan ke aliran irigasi sungai. Saat ini pelaksanaannya dilakukan di sepanjang aliran sungai yang ada di Desa Tokelan sekitar kurang lebih 500 meter. Kegiatan apel dalam rangka karya bakti TMMA diikuti sekitar 45 orang.


Pantauan awak media, selain melibatkan personil internal Koramil juga mengajak anggota Polsek Panji, petugas Dinas PUPP Situbondo dan masyarakat setempat untuk turut bergabung dalam karya bakti.


Danramil Panji, Kapten Inf Rohman mengatakan, bahwa sungai merupakan aset yang memiliki manfaat besar. Air adalah sumber kehidupan, jadi wajib dirawat dan dikelola dengan baik, termasuk juga aliran irigasi sungai.


“Hari ini kita akan membersihkan sepanjang kurang lebih 500 meter, mulai dari kegiatan pengambilan sampah, pengerukan lumpur agar kedalaman sungai menjadi normal," jelasnya.


Lebih lanjut, Kapten Inf Rohman menerangkan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan dan menjadi program rutin Kodim 0823 Situbondo yang juga direalisasikan setiap Koramil, salah satunya saat ini di Koramil Panji. Tujuan mengadakan kerja bakti untuk menciptakan ramah lingkungan dan juga mencegah banjir. Program TMMA merupakan perintah dari Korem 083/Baladhika Jaya. Karya Bakti TMMA ini sebagai wujud nyata pengabdian TNI kepada masyarakat baik di bidang sosial maupun pembangunan dan sebagai upaya untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga kebersamaannya semakin kokoh dan solid.


"Kami akan mengajak masyarakat agar selalu menjaga kelestarian lingkungan dan cinta kebersihan. Diharapkan aliran sungai tidak akan terhambat, sehingga mencegah terjadinya banjir,"terangnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم