Jaga Kelestarian Biota Laut, Kodim 0823 Situbondo Tanam Ribuan Pohon Mangrove

Jaga Kelestarian Biota Laut, Kodim 0823 Situbondo Tanam Ribuan Pohon Mangrove
Personil Kodim 0823 Situbondo melakukan penanaman bibit pohon mangrove di pantai wisata blekok

Jawapes, SITUBONDO - Upaya menjaga kelestarian biota laut, Pangdam V/Brawijaya melaksanaan penanaman bibit pohon mangrove secara serentak, salah satunya diwilayah Kodim 0823 Situbondo bertempat di Pantai Wisata Kampung Blekok, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Jumat (4/5/2022).


Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P., mengatakan pada kegiatan hari ini ada 1.500 pohon mangrove yang ditanam di areal pinggir pantai Kampung Blekok dengan luas sekitar 1 hektare dan untuk pengadaan bibitnya dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup. Tujuan penanaman bibit pohon mangrove yaitu mencegah terjadinya abrasi, membentuk ekosistem mangrove dan menyaring limbah dari daratan agar tidak mencemari air laut.


"Kondisi pohon mangrove di Kabupaten Situbondo sudah cukup bagus, namun ada beberapa tempat yang sudah mulai terkikis oleh ombak laut, sehingga harus ditanami bibit pohon mangrove lagi," tuturnya.


Pantauan awak media ini, giat penanaman pohon mangrove secara serentak diawali dengan acara apel dan dilanjutkan pelaksanaan video confrence bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, M.Sc di Kabupaten Bangkalan. Turut hadir jajaran Forkopimda Situbondo, jajaran Forpimka Kendit, Kasdim 0823 Mayor Inf Sampak, S.Ag., Kasat Samapta AKP Sugeng Wiyono, DLH Situbondo, Dinas Kehutanan, Pramuka Saka Wira Kartika, Komunitas Pecinta Mangrove Situbondo dan masyarakat sekitar. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama