Gelar Rapat Paripurna, Enam Fraksi DPRD Situbondo Sebar Keanggotaan di AKD

Suasana sidang paripurna pembentukan susunan Keanggotaan AKD yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Situbondo

Jawapes, SITUBONDO - DPRD Situbondo gelar Rapat Paripurna dalam rangka pengumuman dan pembentukan susunan keanggotaan anggota DPRD untuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD), bertempat di lantai II ruang sidang DPRD, Kamis (24/3/2022).

 

Saat dikonfirmasi oleh awak media ini usai memimpin rapat paripurna, Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi, SE., mengatakan ketika rapat paripurna berlangsung ada 6 fraksi yang mengajukan untuk penyebaran keanggotanya di seluruh AKD, yaitu untuk mengisi pada masing-masing komisi, Bapemperda, Badan Kehormatan, Badan Anggaran dan Badan Musyawarah. Sesuai dengan trantib pemilihan pimpinan AKD rutin dilaksanakan setiap dua setengah tahun, dan kebetulan hari ini sudah memasuki jadwal batas waktu untuk mengadakan pemilihan ulang. 


"Dari hasil pilihan ulang pimpinan AKD yang terbaru ini, semoga kedepannya kinerja DPRD Situbondo lebih baik lagi dalam menjalankan fungsi dan tupoksinya," harapnya.


Lebih lanjut Ketua DPRD Situbondo menerangkan, ketika pemilihan badan kehormatan suasana memang sempat memanas karena di DPRD Situbondo sendiri ada 6 fraksi. Sedangkan setiap fraksi mempunyai hak untuk mengajukan calon anggota badan kehormatan, sementara bunyi trantib harus diisi 5 anggota. Akhirnya mengambil jalan tengah, dalam proses penentuan anggota badan kehormatan dilakukan secara pemilihan. 


"Tadi juga ada perdebatan adu argumen terkait apakah menggunakan sistem paket atau memilih perorangan. Adanya kejadian tersebut, akhirnya dalam sidang paripurna kita sepakati bersama satu orang anggota DPRD mempunyai satu hak suara untuk memilih calon anggota badan kehormatan," pungkasnya. 


Edy Wahyudi juga menjelaskan, berdasarkan hasil pemilihan dari masing-masing anggota komisi maka ada empat nama yang terpilih menduduki jabatan ketua komisi DPRD yang baru. Antaranya ketua komisi I dijabat oleh Hadi Prianto dari Fraksi Demokrat, Siswo Pranoto dari Fraksi Golkar menjabat ketua komisi II, ketua Komisi III Arifin dari Fraksi PPP dan ketua Komisi IV dijabat Sahlawi dari Fraksi Demokrat. (Fin/Fit)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama