Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Gelar Pelatihan Pertukangan

Kabid Penta Dinas Ketenagakerjaan Situbondo ketika memberikan arahan kepada para peserta pelatihan pertukangan

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Ketenagakerjaan Situbondo adakan pelatihan berdasarkan Unit Kompetensi Pelatihan Pertukangan, bertempat di UD Jaya Mebel, Desa Kesambi rampak, Kecamatan Kapongan, Rabu (23/3/2022).


Kabid Penta Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Lina Yuriana Soeherman, SH., M.Si., mengatakan pelatihan pertukangan diselenggarakan selama 7 hari dan hari ini acara penutupan. Sasaran pesertanya adalah pelaku usaha mebel sebanyak 20 orang, mereka (peserta) sebelumnya sudah mempunyai dasar sesuai keahlian dibidangnya masing-masing, artinya lanjutan bukan pemula. Dinas Ketenagakerjaan ingin menggabungkan dua potensi SDM dan SDA, yaitu menggandeng teman-teman grup UD Jaya Mebel dan Alif Collection. UD Jaya Mebel membuat mebel meja dan kursi minimalis. Sedangkan untuk meningkatkan nilai ekonomis produk barang mebel furniture ini, pihaknya melibatkan pelaku usaha pekerja seni air brush dari Alif Collection. Sasaran penjualan produk mebel adalah cafe, restoran dan hotel.


Menurutnya kalau produksi mebel disentuh dengan karya seni lukisan indah menggunakan air brush, diharapkan nilai jualnya bisa tinggi. Sebab apabila mebel meja dan kursi yang dijual sekedarnya berbentuk minimalis, maka nilai ekonomisnya standar.


"Kami ingin para peserta usai mengikuti pelatihan bisa ekspor hasil produksi mebel meja dan kursi untuk peralatan rumah tangga sampai ke luar negeri. Memang selama ini mereka juga sudah melakukan ekspor ke Afrika, Malaysia dan negara lainnya, namun berbentuk barang kecil yaitu surfing," jelasnya.


Peserta pelatihan sedang melukis kursi mebel menggunakan air brush dengan motif batik khas Situbondo


Lebih lanjut, Kabid Penta Dinas Ketenagakerjaan menerangkan kedepanya selain menjual furniture untuk peralatan rumah tangga dan peralatan cafe, namun juga memasarkan nilai seni budaya potensi yang ada di Kabupaten Situbondo, seperti membuat motif wisata bahari dan motif batik khas Situbondo. Jadi bisa memperkenalkan wisata Situbondo sekaligus memperkenalkan hasil produksi mebel peserta pelatihan. Baru pertama kali ini Disnaker Situbondo mengadakan pelatihan pertukangan dengan inovasi seni air brush melukis di kayu jati untuk dibuat furniture.


"Instruktur pelatihan pertukangan kita ambil dari Alif Collection, kebetulan dengan ownernya langsung. Setiap kegiatan yang kita laksanakan ada monitoring dan MoU dengan instruktur agar hasil pelatihan ini bisa ditindaklanjuti dan dikembangkan," pungkasnya.


Hari salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa tujuan dirinya mengikuti pelatihan pertukangan untuk mengasah keahlian dan menambah ilmu baru. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini bisa memproduksi mebel meja dan kursi sendiri serta terus mengembangkan kreatifitas. Ia mengaku mulai sejak kecil sudah tertarik dengan dunia pertukangan dan akhirnya bergabung di UD Mebel Jaya.


"Kami bersama teman-teman peserta yang lainnya mengucapkan terima-kasih kepada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, karena telah memfasilitasi pelatihan ini. Kami diberikan berbagai materi pelatihan seperti membuat mebel kursi dan meja dengan baik sehingga hasilnya bisa maksimal, lalu dikasih materi seni melukis mebel dengan air brush," katanya. (Fit/Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan