Antisipasi Anemia, Puskesmas Panji Gencarkan Program Monday Share FE

Kepala Puskesmas Panji sosialisasikan program Monday Share FE dan memberikan tablet penambah darah kepada siswi MAN 2 Situbondo 

Jawapes, SITUBONDO - Antisipasi terjadinya anemia, Puskesmas Panji terus gencarkan program Monday Share FE, yaitu melakukan pemberian tablet penambah darah Fe setiap hari Senin kepada remaja putri dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerjanya. Mulai dari tingkat SMP dan SMA sederajat. Salah satunya hari ini petugas Puskesmas Panji mengunjungi MAN 2 Situbondo, Rabu (16/3/2022).


Kepala Puskesmas Panji, drg Sugiyono menjelaskan bahwa pihaknya setiap seminggu sekali rutin mendistribusikan tablet penambah darah ke sekolah dan nantinya untuk diberikan ke siswinya. Selanjutnya petugas puskesmas setiap tiga bulan sekali akan melakukan monitoring.Tujuan pemberian tablet penambah darah FE bagi remaja putri untuk mencegah terjadinya anemia sedini mungkin, menurunkan resiko angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Tentu jangka panjangnya adalah mempersiapkan menjadi ibu hamil bebas anemia atau wanita usia subur dengan perkembangan janin yang sehat. 


"Sejak usia 13 tahun remaja putri sudah dapat diberikan tablet penambah darah karena mulai mengalami menstruasi yang berakibat kehilangan banyak darah. Kalau terkena penyakit anemia bisa menyebabkan badan terasa lesu, lunglai, letih, lemas dan wajah pucat. Mudah-mudahan setelah mengkonsumsi tablet penambah darah para siswi bisa sehat, aktif dan berprestasi di sekolahnya," harapnya.


Sementara itu, Guru UKS MAN 2 Situbondo, Intan mengatakan seminggu sekali pihak sekolah rutin memberikan tablet penambah darah kepada para siswi, karena disesuaikan dengan program Puskesmas Panji yaitu Monday Share FE yang artinya selamatkan kehidupan remaja putri dengan pemberian tablet penambah darah setiap Hari Senin. MAN 2 Situbondo sudah melaksanakan program ini selama empat tahun dan anak-anak sangat antusias.


"Alhamdulillah di Bulan Januari kemarin kita mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan melalui Persagi sebagai kategori sekolah yang aktif memberikan tablet penambah darah FE," pungkasnya. (Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan