Bupati Berharap Seluruh Elemen Masyarakat Situbondo Membiasakan Pola Hidup Sehat

Bupati Situbondo didampingi Kepala Dinkes dan Plt Kadispendikbud saat memantau pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun

Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Kesehatan adakan kegiatan sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi anak sekolah, bertempat di halaman Dinkes, Senin (21/2/2022).


Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., berharap program Germas bisa diterapkan seluruh wilayah Kabupaten Situbondo. Jadi giat sosialisasi ini bukan hanya sekedar acara seremonial saja namun perlu ada tindak-lanjut. Sehingga seluruh elemen masyarakat selalu berusaha untuk membiasakan pola hidup sehat. Germas merupakan suatu tindakan secara sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.


"Saya ingin kepala Dinkes bisa menyampaikan kepada seluruh kepala Puskesmas supaya turut mensosialisasikan Germas sampai ke tingkat desa, sehingga masyarakat semakin paham tentang pentingnya hidup sehat," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Dwi H Susilo mengatakan untuk menunjang keberhasilan germas, maka perlu adanya kerja-sama yang baik dari seluruh lintas sektor. Secara umum kegiatan germas dapat dikerjakan dengan cara melakukan aktivitas fisik seperti olah-raga, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok serta tidak mengkonsumsi alkohol, lalu memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. 


"Kami berharap pola hidup sehat agar dibiasakan sejak usia dini. Di acara germas ini, Dinkes juga menyediakan layanan kesehatan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun, lalu bazar dengan menu makanan sehat, pemeriksaan PTM untuk usia produktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (Fit/Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan