Bupati Ingatkan Petugas PPL Agar Dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pupuk Bersubsidi

Suasana rapat koordinasi persiapan penyaluran pupuk bersubsidi Tahun 2022

 

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., pimpin rapat koordinasi persiapan penyaluran pupuk bersubsidi Tahun 2022, di Aula Pendopo Kabupaten, Rabu (12/01/2022). Acara tersebut dihadiri langsung Jajaran Forkopimda, petugas PPL, Distributor dan pemilik kios pupuk, kelompok Gapoktan serta perwakilan Poktan se-Kabupaten Situbondo.


Dalam sambutannya, Bupati Situbondo mengingatkan agar pupuk bersubsidi tidak dijual keluar daerah atau kepada yang tidak berhak, sehingga mengakibatkan para petani yang berhak membeli kehabisan stok pupuk subsidi. Jadi kita ingatkan mulai sekarang jangan main-main dengan pupuk bersubsidi karena akan ditindak tegas. Pemerintah daerah sudah berkomunikasi dengan Dandim dan Kapolres untuk turut mendampingi pendistribusian pupuk bersubsidi, karena hal ini berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat.


"Saya menghimbau kepada petani agar menggunakan pupuk berimbang dan jangan terlalu mengidolakan pupuk urea. Bagi para PPL diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanannya, karena kualitas pelayanan pupuk masih dipertanyakan oleh masyarakat. Artinya pelayanan kita terhadap pupuk bersubsidi masih minim dilakukan oleh PPL, dan ini hasil dari survei by data," jelasnya.


Lebih lanjut, Bupati menambahkan, bahwa PPL harus giat atau semangat dalam mensosialisasikan penggunaan pupuk berimbang dan juga  mendorong masyarakat supaya memakai pupuk organik.


Sementara itu, Hariyadi Tedjo Laksono selaku Kepala DTPHP Situbondo menerangkan bahwa Tahun 2021 kemarin, pihaknya menginput petani berdasarkan NIK kedalam E-RDKK sebanyak 68.837 orang.  Namun Tahun 2022 ini ada penambahan 4.014 petani, sehingga totalnya ada 72.851 petani yang berhasil terinput di E-RDKK. Para petani ketika membeli pupuk bersubsidi ke kios berdasarkan nama-nama yang terdaftar di E-RDKK.


"Usulan kita di E-RDKK Tahun 2022 kepada provinsi sejumlah 31.502 ton pupuk jenis urea, tetapi provinsi mengalokasikan kepada Kabupaten Situbondo sebanyak 25.557 ton," pungkasnya. (Fit/Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan