Bersama Warga Kemutug Kidul, Bupati Banyumas Ikut Kerja Bakti Membuat Akses Jalan Wisata


Jawapes, Banyumas - Saat ini sudah sedikit terlupakan tradisi desa pada waktu dulu dengan sebutan oleh orang ngapak yaitu Kerigan (kerja bakti) suatu istilah yang kental diucapkan dan terasa di masyarakat Banyumas. Warga Desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas melaksanakan kerja bakti membuat jalan ke Wisata lokal Curug Orak Orik dengan sangat bersahaja, dimana Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein terlibat ikut memegang cangkul dalam Kerigan itu, Minggu (23/01/2022). 

Dalam kerja bakti, Bupati Banyumas saling menyapa dengan warga yang sedang melakukan kerigan atau kerja bakti tersebut dan sampai ikut mencangkul beberapa kali bahkan sempat juga memanen Ubi Cilembu. 

Kepala Desa Kemutug Kidul, Kardi Daryanto sangat apresiativ dengan hal ini lantaran untuk memberi spirit baru dengan memunculkan tradisi kerigan yang sudah hampir sedikit kita lupakan. 

Bupati Banyumas Achmad Husein memberi semangat, khususnya untuk semua warga masyarakat di saat kerja bakti guna membuat jalan ke Curug Orak Orik.

"Kurang lebih ada 40 Orang yang ikut kerja bakti dalam membangun jalan menuju Curug Orak Orik dan Bupati juga memberikan semangat," kata Kardi 

Rencana akan membangun jalan sepanjang 500 Meter, lebar 2 Meter untuk mempermudah akses jalan agar Wisatawan luar atau lokal yang berkunjung ke Curug Orak Orik bisa mudah, imbuhnya. 

Dia juga mengulas sedikit pendapatnya tentang alam dataran tinggi di lereng Gunung Slamet, yaitu Desa Kemutug Kidul khususnya.

"Suasana Alami dengan nuansa alam di Curug Orak Orik sangat terasa ciri khas keindahan di daerah pegunungan dengan air terjunnya, kesejukan udaranya dan kejernihan airnya khususnya di wisata Baturraden juga agar wisatawan betah untuk bersantai berlama-lama di Curug tersebut," ulas Kardi.

Pesona Curug Orak Orik di samping mempunyai ketinggian 70 Meter, juga tidak kalah menarik akan keindahannya dengan curug-curug lainnya yang sudah banyak di kunjungi oleh para pelancong atau wisatawan.

Kardi Daryanto menendaskan, ini memang sebuah potensi wisata yang eksotis dengan nuansa keindahan pegunungan yang masih belum tersentuh oleh siapapun, bahkan belum terekpose secara luas sebuah potensi yang di miliki Desa Kemutug Kidul. Untuk menunjang potensi pariwisata lokal dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Kemutug Kidul dalam peningkatan ekonomi kreativ, tandasnya.

"Selama ini akses jalan menuju Curug Orak Orik masih tanah milik warga dan kondisi jalan masih belum tertata atau ala kadarnya, jika turun hujan maka jalan tersebut masih licin sehingga akan segera kami perbaiki," pungkas Kardi Daryono Kepala Desa Kemutug Kidul.(S.Adi N/Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama