Bersama Apdesi, Unars Situbondo Gelar Sosialisasi RPL

Rektor Unars Situbondo ketika memberikan sambutan  dihadapan sejumlah civitas akademika dan kepala desa pada acara sosialisasi


Jawapes, SITUBONDO - Menindak-lanjuti hasil penandatanganan MoU bidang pendidikan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, maka Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) bersama Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Situbondo menyelenggarakan sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk kemajuan pemerintah desa di Kabupaten Situbondo, bertempat di Aula Unars, Selasa (25/1/2022). Acara tersebut turut dihadiri sejumlah civitas Akademik Unars Situbondo dan pengurus bersama anggota Apdesi.


Drs. Karnadi, M.Si., selaku Rektor Unars Situbondo mengatakan pada acara sosialisasi RPL ini, pihaknya akan memberikan layanan fasilitas kuliah sambil bekerja kepada kepala desa dan perangkatnya yang ingin kuliah sampai sarjana dengan ketentuan yang tidak melanggar peraturan pemerintah. Kami sudah berkunjung ke Dikti Kota Jakarta, tujuannya untuk konsultasi mengenai Apdesi bisa kuliah dengan cepat, mudah dan dilakukan diluar kampus sebagai langkah menuju program kampus merdeka tanpa melanggar aturan yang berlaku.


"Saya ingin membangun sumber daya manusia (SDM) terlebih dahulu melalui pembelajaran, sehingga nantinya dapat memajukan desanya masing-masing dengan bagus. Adanya kegiatan ini, Apdesi Situbondo memberikan tanggapan yang baik dan luar biasa," ucapnya.


Sementara itu, Ketua Apdesi Situbondo, H. Juharto menyampaikan rasa antusias adanya acara sosialisasi RPL, karena untuk memberdayakan kapasitas kepala desa dan perangkatnya untuk peningkatan SDM. Terkait praktek melaksanakan pemerintahan, kemasyarakatan, hukum, ekonomi dan pertanian untuk teman-teman kepala desa dan perangkat sudah cukup memahami, karena hanya tinggal teorinya saja.


"Bulan September sudah bisa mulai melaksanakan proses belajar mengajar. Kemudian juga ada kerja-sama antara perguruan tinggi Unars dengan pemdes untuk membangun desa inovatif. Jadi diharapkan mampu memperkaryakan potensi-potensi yang ada secara bersama-sama," jelasnya.


Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Kades Banyuputih tersebut menambahkan akan memberikan beasiswa kepada warga desa yang memiliki potensi dan kondisinya tidak mampu supaya bisa kuliah di Unars Situbondo.


"Saya menghimbau kepada kades dan perangkat desa bagi yang masih belum sarjana agar kuliah. Sebab dengan berjalannya waktu, perkembangan dunia semakin pesat. Jadi harus ditindak-lanjuti dengan mencari ilmu sampai strata satu ataupun strata dua," harapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama