Bencana Angin Puting Beliung di Desa Talkandang, Komisi I DPRD Situbondo Angkat Bicara

Petugas BPBD saat memotong pohon tumbang karena menimpa rumah hingga mengakibatkan kerusakan

 

Jawapes, SITUBONDO - Telah terjadi peristiwa bencana alam angin puting beliung di dua dusun Desa Talkandang, yaitu Dusun Lugundang Barat, RT 04/ RW 01 dan Lugundang Timur, RT 02/ RW 05, Selasa (18/1/2022) sekitar pukul 16.30 Wib.


Puriyono selaku Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo menerangkan dampak bencana puting beliung disertai hujan deras mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga setempat. Berdasarkan data sementara ada 33 rumah mengalami kerusakan. Tidak ada korban luka dan jiwa atas kejadian tersebut.


"Setelah mendapat informasi bencana tersebut, kami langsung melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan Forpimka Situbondo. Tentunya juga langsung terjun kelokasi TKP untuk melakukan kaji cepat. Saya menghimbau kepada warga agar selalu waspada karena cuaca saat ini ekstrim berupa angin kencang dan sering turun hujan," jelasnya.


Lebih lanjut, Dalam upaya penanganan bencana tersebut pihak BPBD Situbondo menggandeng jajaran Forpimka Situbondo, Pemdes Talkandang, anggota Tagana Dinsos Situbondo, agen relawan bencana dan anggota Pramuka BP 1312 Kwarcab Situbondo.


Sementara itu ditempat terpisah, saat ditemui awak media diruang kerjanya, Rabu (19/1/2022). Ketua Komisi I DPRD Situbondo, H. Faisol dari Fraksi PPP berikan tanggapan bahwa dalam upaya menghadapi kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini, maka pihaknya menginginkan BPBD Situbondo agar dapat menghidupkan kembali program desa tangguh bencana (Destana), tujuannya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banyaknya korban, utamanya di titik wilayah yang rawan bencana alam.


"Bagi wilayah yang sudah terdampak bencana, agar instansi terkait supaya tanggap dan sigap. Yakni dengan segera memberikan bantuan karena kita sudah menyiapkan anggaran untuk tanggap darurat. Jangan biarkan masyarakat kita menangis tanpa ada yang mendiamkan," ungkapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama