60 Siswa-Siswi SDI Nurul Anshor Situbondo Ikuti Munaqosah Tahfidzh

Wabup Situbondo didampingi Kepala Sekolah SDI Nurul Anshor ketika memberikan penghargaan kepada seorang siswi karena mendapatkan nilai munaqosah tertinggi

Jawapes, SITUBONDO - SDI Nurul Anshor adakan giat tahunan, yaitu Tasyakuran Munaqosah Tahfidzh Juz 30, bertempat diteras depan Masjid Nurul Anshor, Kamis (27/1/2022). Acara tersebut turut dihadiri Wabup Situbondo Hj Khoirani, S.Pd., MH., Plt Kadispendikbud Siti Aisyah, SH., M.Si., Kepala Sekolah SDI Nurul Anshor Situbondo Sudibyo, S.Pd., M.Pd., beserta tenaga pengajar dan wali murid.


Kepala Sekolah SDI Nurul Anshor Situbondo, Yoyok (sapaan akrabnya) mengatakan persyaratan kelulusan siswa-siswi kelas 6 di SDI Nurul Anshor ada tiga indikator. Yaitu yang pertama mengikuti ujian, kedua dinilai dari sikap akhlaknya dan yang ketiga adalah harus hafal Al-Quran juz 30. Sekolah telah membuat program bagi murid kelas 6 yang hafal juz 30 agar hafalannya baik dan benar maka diadakan munaqosah. 


Awalnya pelaksanaan munaqosah kita bergabung dengan sekolah se-Kecamatan Panji, namun pada Tahun 2020 kemarin ada pandemi Covid-19 dan Kecamatan Panji tidak mengadakan, maka SDI Nurul Anshor berinisiasi menyelenggarakan kegiatan munaqosah sendiri. Total jumlah siswa-siswi kelas 6 di SDI Nurul Anshor Situbondo ada 118 orang, namun yang mengikuti munaqosah hari ini sebanyak 60 orang dan sisanya masih proses setoran hafalan kepada guru agamanya sampai hafal Juz 30.


"Disekolah kita ada tujuh guru agama yang semuanya diberi tugas untuk membimbing anak-anak kelas 6 untuk menghafalkan Al-Quran Juz 30. Bagi siswa-siswi setelah mengikuti ujian munaqosah akan diberi sertifikat yang ditanda-tangani oleh kepala Dinas Pendidikan. Hari ini juga diadakan tasyakuran sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena anak didik kita ditingkat kelas 6 bisa hafal juz 30," ungkapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama