Cegah Stunting, Dinas Perikanan Situbondo Kampanye Gemar Makan Ikan

Kepala Dinas Perikanan Situbondo menyerahkan bantuan paket olahan hasil perikanan kepada peserta


Jawapes, SITUBONDO - Upaya meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat, Dinas Perikanan Situbondo adakan program kampanye gerakan memasyaratkan makan ikan (Gemarikan) di Pendopo Kecamatan Jangkar, Selasa (7/12/2021).


Sopan Efendi, S.STP., M.Si., menerangkan bahwa adanya program kampanye Gemarikan untuk menggerakan masyarakat Situbondo, khususnya bagi ibu dan balita agar gemar konsumsi ikan secara rutin. Sebab ikan memiliki kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi untuk menguatkan imun tubuh, lalu bagus untuk pertumbuhan anak dan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bagi ibu hamil disarankan konsumsi ikan untuk asupan janinya agar bayi yang dilahirkan tumbuh sehat dan tidak mengalami stunting. 


"Alasan lokasi penempatan kegiatan kampanye gemarikan di Kecamatan Jangkar karena angka stuntingnya lumayan tinggi. Jadi program ini tidak hanya dilakukan oleh Dinas Perikanan saja tetapi juga dapat dilaksanakan oleh seluruh lintas sektor, sehingga semua program bisa disinergikan jadi satu untuk mengatasi stunting yang ada di Kabupaten Situbondo," ujarnya.


Peserta kampanye gemarikan adalah ibu-ibu yang memiliki balita, kemudian yang mendata para peserta adalah bidan desa, serta dibantu oleh teman-teman Fes. Jumlah pesertanya ada 150 orang dan mendapatkan bantuan paket olahan produk olahan hasil perikanan dan ikan segar dalam box stereform.


Sementara itu, Camat Jangkar, Hariyus, SKSS., S.STP mengucapkan terima-kasih kepada Dinas Perikanan yang telah mengadakan kegiatan kampanye gemarikan diwiliyah kerjanya, karena dapat mengurangi angka stunting. Diharapkan tahun depan ditambah lagi titik lokasi kegiatannya, sebab di Kecamatan Jangkar luas wilyahnya.


"Rencana kedepannya PKK Kecamatan Jangkar juga akan mengadakan kegiatan lomba produk olahan ikan, yaitu tujuannya para peserta yang diikuti ibu-ibu PKK di desa bisa terus berkreasi," ucapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama