Manfaatkan Buah Lokal Khas Situbondo, Disnaker Adakan Pelatihan Olahan Mangga

peserta pelatihan saat membuat kue dari olahan buah mangga

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Situbondo gelar Pelatihan Kerja Pengolahan buah mangga bagi pelaku usaha di Aula Kantor Disnaker, Rabu (10/11/2021).


Lina Yuriana Soeherman, SH., M.Si,. selaku Kabid Penta Disnakertrans Situbondo mengatakan kegiatan pelatihan pengolahan dari bahan mangga bertujuan untuk memanfaatkan buah lokal khas Kabupaten Situbondo, karena ketika di musim panen buah mangga harga jualnya menurun. Maka para pelaku usaha bisa mensiasati buah mangga dijadikan olahan makanan berupa kue modern, kue tradisional, selai, sirup dan sebagainya. Sehingga harapannya memiliki nilai jual yang tinggi serta mendapatkan keuntungan yang besar. Ada 20 peserta yang mengikuti pelatihan saat ini, dari kalangan pelaku usaha makanan dan tiga orang diantaranya adalah penyandang disabilitas, sebab kemarin Kabupaten Situbondo meraih penghargaan kabupaten inklusi.


"Kegiatan pelatihan olahan buah mangga baru kali ini dilakukan dan merupakan bentuk komitmen Disnaker Situbondo untuk pemberdayaan pelaku usaha. Kami berpesan kepada peserta usai mengikuti pelatihan agar menularkan ilmunya ke pelaku usaha yang lain supaya buah mangga lokal khas Situbondo tidak dijual dengan harga murah, tetapi bisa diolah menjadi berbagai makanan dengan meningkatkan kualitas dan rasa," harapnya. (Fin)


kali berita ini telah dibaca

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan