Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Serpas Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021




Jawapes, TULUNGAGUNG
Senin (29/11/2021) pagi, Polres Tulungagung melaksanakan apel pergeseran pasukan (serpas) pengamanan (Pam) Pilkades Serentak tahun 2021 guna mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana (Sarpras) yang selanjutnya diterjunkan langsung ke lokasi yang sudah dipetakan.

Apel pergeseran pasukan gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas di halaman Pemkab Tulungagung dipimpin langsung Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, S.H., S.I.K., M.H.


Seusai memimpin Apel, Kapolres Tulungagung kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan kegiatan pergeseran pasukan hari ini, untuk mengecek kesiapan personel termasuk sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan Pilkades serentak 2021.

"Ini nanti dari personel yang sudah disprintkan atau di tugaskan untuk melakukan pengamanan di TPS akan langsung berangkat ke lokasi TPS masing-masing," kata Kapolres.


Hal tersebut guna memudahkan berkoordinasi dengan panitia sekaligus juga melihat situasi yang ada di lokasi. 

"Harapannya, kita melakukan pengamanan sedini mungkin, jadi potensi-potensi gangguan itu sudah bisa di minimalisir mulai dari sekarang," terangnya.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, pihaknya berharap pelaksanaan hari (H) Pilkades serentak di Kabupaten Tulungagung berjalan dengan tertib lancar dan aman, yang kebetulan besok, Selasa (30/11/2021) juga bersamaan ada kegiatan kunjungan Presiden RI ke Kabupaten Trenggalek.

"Saya kemarin juga ikut dalam rangka pengamanan mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar," harap Kapolres.

Kapolres menyebutkan, teknik pengamanan Pilkades serentak sesuai yang telah dipaparkan dalam tactical wall game dengan pola 212. Artinya, di tiap TPS ditempatkan 2 personel Polri, 1 dari TNI dan 2 dari Linmas.

Menurutnya lagi, dari assessment sementara potensi gangguan masih tergolong rendah namun demikian bilamana ada eskalasi meningkat pasukan kita dorong untuk melakukan penebalan kekuatan.

"Kalau memang ada perubahan situasi, nanti ada yang on call di balai desa, di Polsek itu nanti yang akan kita gerakkan. Nanti malam kita sudah mulai mobile untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif," tandas Kapolres.

Personil pengamanan yang diterjunkan dalam Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Tulungagung di 14 desa yang tersebar pada 11 kecamatan telah disiagakan kurang lebih sekitar 1300 personel gabungan TNI, POLRI dan Linmas.(Rul)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم