HUT PGRI ke 76, Kepala Dispendikbud Mengajak PGRI Situbondo Berjuang Memajukan Pendidikan

Plt Kepala Dispendikbud Situbondo berikan sambutan sekaligus membuka langsung acara lomba wejangan dan bertutur


Jawapes, SITUBONDO - Kepala Dispendikbud Situbondo membuka acara lomba wejangan dan bertutur, yang pesertanya diikuti oleh perwakilan guru mulai dari jenjang Paud, TK, SD, SMP, SMA dan SMK bertempat di Gedung PGRI Situbondo, Senin (1/11/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional ke 28.

Siti Aisyah, SH., M.Si.,  selaku Plt Kadispendikbud Situbondo mengucapkan banyak terima-kasih dan memberikan apresiasi kepada pengurus PGRI Kabupaten Situbondo atas perjuangan yang tak pernah lelah berjalan, beriringan dengan pemerintah yaitu dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan. Pada tahun 2021 ini, PGRI sudah berusia 76 tahun sehingga sangat matang untuk sebuah organisasi profesi. Semoga PGRI semakin jaya dan tetap bersemangat dalam mendukung dan memperjuangkan kemajuan pendidikan.

"Hari ini dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 76, PGRI Kabupaten Situbondo menggelar lomba yang luar biasa, yaitu lomba wejangan orang tua dan lomba bertutur 3 bahasa. Saya mengatakan luar biasa, karena lomba ini sejalan dalam mendukung program pemerintah yang sedang digencarkan dan dikenalkan, yaitu pembentukan karakter siswa dengan mewujudkan profil pelajar pancasila," terangnya.

Lebih lanjut, Siti Aisyah menambahkan dalam upaya mewujudkan karakter profil pelajar pancasila ada tantangan besar bagi yang terlibat secara langsung dalam dunia pendidikan. Yakni pemerintah daerah, Dispendikbud dan PGRI yang tentu notabenenya organisasi profesi dibidang pendidikan. Profil pelajar pancasila bukan hanya sekedar semboyan, tetapi merupakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) jenjang pendidikan dasar, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 sebagai pengganti Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

"Disitu jelas dikatakan bahwa standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Untuk itu, saya selaku Kepala Dispendikbud Situbondo mengajak dan mendorong PGRI Kabupaten Situbondo agar tetap terus berjuang dalam memajukan pendidikan," harapnya.

Sementara itu, Plt Ketua PGRI Situbondo, Drs. Suhartoni, M.Pd., menyampaikan dalam memperingati HUT PGRI ke 76 dan HGN ke 28 saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, maka diadakan acara lomba yang tidak menimbulkan kerumunan namun nilai edukatifnya tetap tinggi. Sehingga tujuan hasil dari lomba yang pertama adalah dapat dikembangkan oleh para guru, baik dalam bertutur, beretika dan interaktif. Kemudian yang kedua, guru mampu memberikan wejangan bersifat motivasi belajar yang baik kepada muridnya. Ada tiga bahasa yang dilombakan dalam bertutur yaitu bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa daerah. 

"Saya berpesan kepada para guru di Kabupaten Situbondo khususnya, dalam meningkatkan mutu pendidikan agar selalu fokus pada tugasnya. Yaitu berpegangan pada tupoksinya seperti rencana, proses dan penilaian," jelasnya. (Fit/Fin)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama