Gebyar Pawon Urip Sekartanjung, Dari Warga Untuk Warga



Jawapes Lumajang - Pawon urip sudah bergelora dikabupaten lumajang, salah satunya Pawon Urip Sekartanjung RW XI kelurahan Jogotrunan, Senin ( 29/11/2021).

Eko Santoso selaku ketua RW 11 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang Jawa Timur ini, menyampaikan dengan adanya pawon urip tertantang untuk memberikan sesuatu yang lebih baik untuk warganya, meskipun di tengah kesibukan pekerjaan utamanya sebagai wartawan. Berdedikasi melayani dan mengayomi lingkungannya, kian tumbuh mengiringi hasratnya yang kuat.

Seperti halnya saat ini, ia tengah fokus melakukan persiapan di lingkungannya untuk mengikuti lomba pawon urip tingkat kabupaten,  Bersama gerbangmas, tokoh masyarakat, TP PKK Lingkungan RW 11, pengurus pawong urip Kelurahan Jogotrunan, ia memantapkan kondisi fisik lahan dengan memperhatikan keaneka ragaman tanaman yang sudah dipersiapkan untuk kebutuhan lomba.

Saat ditanya terkait kegiatan lomba pawon urip ini, Cak Eko, panggilan karib Ketua RW 11 Kelurahan Jogotrunan tersebut, mengungkapkan jika hal ini merupakan program terobosan TP PKK Kabupaten Lumajang yang digagas untuk memanfaatkan lahan kosong serta dapat memiliki nilai ekonomi dalam memenuhi kebutuhan dapur keluarga.

"Pawon urip ini sesungguhnya program terobosan Ning Farin, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang. Salah satu tujuannya adalah untuk membangun rasa gotong royong warga sekaligus dapat memenuhi kebutuhan dapur," terang Eko.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kegiatan kerja bakti pawon urip di lingkungan RW 11 ini, dilakukan untuk memanfaatkan lahan kosong yang sudah diijinkan oleh pemiliknya, dengan tujuan agar lingkungan biar kelihatan rapi dan indah. Selain itu, tanaman yang ada di pawon urip nantinya dapat dimanfaatkan warga sekitar untukkebutuhan sehari hari.

"Intinya, kegiatan kerja bakti pawon urip kali ini bukan hanya karena ada lomba saja, lebih dari itu kami menginginkan program ini berkelanjutan. Kami ingin berbuat lebih kepada warga yang ada di lingkungan RW 11 ini, kami berupaya mengutamakan keperluan warga," pungkasnya. 

Beliau juga juga menyampaikan bahwa unggulan yang ada di pawon urip sekartanjung dengan lakukan budidaya tawon kelenceng dan bunga telang, karena jelas manfaatnya sangat besar.

" pawon urip bisa hadirkan kualitas yang alami dan bisa meningkatkan kesejahteraan, " tuturnya. 

Untuk kegiatan pawon urip sekartanjung sudah sering lakukan kegiatan jum, at berkah yang mana bahannya dari lahan pawon urip,  dan kami beberapa hari yang lakukan lakukan kegiatan edukasi untul anak dengan gelar lomba mewarnai. Dan intinya tampa adanya kebersamaan dan guyub rukun warga RW XI kelurahan  jogotrunan semua tidak bisa berjalan dengan lancar. 

" sekali lagi saya mengucapkan rasa terima kasih buat ibu ibu dan warga RW XI kelurahan jogotrunan yang dari awal sampai selesainya lomba bisa sukses dan berjalan aman lancar" tindasnya. 

( eko)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم