Dinas Koperasi Gandeng E-Commerce Berikan Pelatihan Teknik Penjualan Secara Online

Kepala Dinas Koperasi berikan arahan dan motivasi kepada UMKM terkait penjualan produk melalui teknologi digital 

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo adakan Sosialisasi dan Fasilitasi Kemitraan dengan e-commerce di Hotel Karisma, Kecamatan Kapongan, Senin (22/11/2021). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo, Drs. Nugroho, M.Si., Perwakilan Pemerintah Daerah Situbondo Drs. H. Sugiyono, M.Si., Kabid Bina Usaha Mikro Mohammad Gatot Eka Yuliana beserta staff, narasumber dari e-comerce Bukalapak dan para peserta dari UMKM.


Kepala Dinas Koperasi Situbondo menerangkan bahwa dalam rangka memfasilitasi para UMKM Situbondo agar mampu bersaing memasarkan produknya melalui media online, maka pihaknya memberikan sosialisasi dan mencarikan terobosan. Tak hanya itu, Dinas Koperasi Situbondo juga memberikan pelatihan dengan menggandeng e-commerce Bukalapak agar bisa mengajarkan cara dan teknik penjualan secara online kepada UMKM sehingga dapat menarik pembeli. Untuk mendukung sarana e-commerce, Dinas Koperasi Situbondo akan mengambil langkah membuat inovasi Rumah Digital, yaitu menyiapkan satu tempat yang digunakan untuk membantu pemasaran produk para UMKM secara digital. Kemudian pihaknya juga menyediakan tempat bagi UMKM untuk menjual produknya secara konvensional.


"Hari ini kita berkomitmen membantu para UMKM untuk memasarkan produknya melalui teknologi digitalisasi. Lalu adanya e-commerce ini diharapkan mereka dapat terus memasarkan produknya tanpa dibatasi oleh tempat, karena bisnis online tidak mengenal waktu," jelasnya.


Sementara itu, Drs. H. Sugiyono selaku Perwakilan dari Pemerintah daerah mengatakan, berdasarkan arah kebijakan bahwa usaha mikro termasuk koperasi merupakan pilar dalam upaya pemulihan ekonomi daerah. Bagi peserta dari pelaku usaha UMKM agar benar-benar serius mengikuti pelatihan e-commerce dan pemerintah daerah yang membuka aksesnya.


"Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan penguatan pelaku usaha yang harapannya bisa berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi daerah," harapnya. (Fit)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan