Program PISEW Antara Desa Jambon dan Desa Blembem Telah Selesai Pengerjaan


 

Jawapes, PONOROGO - Program yang disampaikan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antara wilayah dan pengentasan kemiskinan, perbaikan tata kelola pemerintah daerah serta memperkuat kelembagaan masyarakat ditingkat desa yang disebut dengan program PISEW ( Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Masyarakat Wilayah).


Salah satu penerima program tersebut diantaranya Desa Jambon bersama Desa Blembem, kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Sesuai dengan aturan program tersebut diberikan untuk dua desa yang berdampingan, dengan tujuan untuk meningkatkan konektivitas antar desa. 


Program tersebut dikerjakan oleh BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) dengan menerapkan sistem PKT (Padat Karya Tunai) dan melibatkan pekerja warga setempat.


Disampaikan oleh ketua BKAD Desa Jambon-Desa Blembem, Bambang Yudi Setiawan menjelaskan bahwa program PISEW yang dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp600 juta tersebut telah selesai pengerjaannya, diantaranya, yang pertama adalah pembangunan drainase sepanjang 490 meter, terletak di RT 1/RW 2, Dusun Krajan, Desa Jambon, Kedua adalah pembangunan TPT (Talut Penahan Tanah) sepanjang 215 meter berlokasi di Dukuh Krajan, Desa Blembem,  ketiga, pembangunan Rabat jalan sepanjang 243 meter demgan lebar 2,75 meter yang terletak di Dusun Dukuh, Desa Blembem.


Sementara itu, Kepala Desa Jambon Munarsih, saat ditemui awak media, di kantor Desa Jambon, menyampaikan bahwa program PISEW tahun anggaran 2021 yang diterima bersama Desa Blembem dalam pengerjaanya telah diserahkan kepada BKAD yang telah dibentuk bersama kedua desa. Diharapkan dengan terlaksananya program PISEW tersebut bisa bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan bangunan tersebut.


"Saya mengucapkan terima-kasih kepada BKAD yang telah melaksanakan pengerjaan program PISEW tahun 2021 ini, juga kepada seluruh warga masyarakat yang telah ikut serta dalam pengerjaannya," ungkapnya. (Gst)



Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama