Pembentukan Forum, Ketua FBKK SMK Jatim Berharap Serapan Tenaga Kerja Semakin Banyak

Ketua FBKK SMK Jatim berikan arahan saat sosialisasi pembentukan Forum BKK Kabupaten Situbondo

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Tenaga Kerja Situbondo gelar Sosialisasi Pembentukan Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) bagi SMK Negeri dan Swasta, bertempat di salah satu cafe di Kabupaten Situbondo, Kamis (21/10/2021).


Acara tersebut dihadiri langsung Ketua FBKK SMK Provinsi Jatim, Drs. Barun, ST., MM., Kabid Penta Disnakertrans Situbondo Lina Yuriana Soeherman, SH., M.Si., dan para peserta dari perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Situbondo.


Ketua FBKK SMK Provinsi Jatim mengatakan pihaknya menghendaki disetiap daerah ada koordinator wilayah, sehingga setiap kebijakan dari FBKK provinsi bisa ditindak-lanjuti oleh masing-masing kabupaten. Hari ini sudah terbentuk forum BKK Kabupaten Situbondo yang difasilitasi Disnaker, mudah-mudahan roda organisasi bisa berjalan dan program kerja provinsi mampu dikerjakan sehingga terbentuk sinergitas. 


"Adanya pembentukan forum untuk mengefektifkan BKK di SMK, diharapkan pergerakan administrasi jadi tertib dan berdampak keterserapan dunia kerja semakin banyak bagi alumni siswa-siswi SMK, seperti disalurkan ke perusahaan. Tentunya dengan memberikan layanan informasi dunia kerja, baik di dalam ataupun luar kota oleh Forum BKK Provinsi Jatim. Saya berharap Disnaker Situbondo mempunyai program yang mengarah terhadap pemberdayaan BKK,"terangnya.


Sementara itu, Kabid Penta Disnakertrans Situbondo menjelaskan setelah dibentuknya Forum BKK Kabupaten Situbondo, Disnaker akan menjembatani dan memberikan perlindungan terhadap forum BKK termasuk dalam penyebaran informasi kerja, khususnya kepada siswa-siswi kelas XII SMK negeri ataupun swasta yang sedang persiapan mencari kerja.


"Semoga kedepannya antara Disnaker dan FBKK Situbondo bisa sejalan atau seirama dalam mencarikan solusi lapangan pekerjaan. Kemudian bisa memberikan banyak informasi update kepada anak-anak angkatan kerja yang produktif agar bisa bekerja di perusahaan dan bahkan mampu mandiri untuk berwirausaha, sehingga dapat menyerap tenaga kerja lagi disekitarnya," harapnya.


Lebih lanjut, Ia menambahkan terkait izin mengikuti dari pihak sekolah, karena yang mengupayakan memenuhi kelengkapan syarat-syarat adalah pengurus FBKK SMK sendiri, Disnaker hanya memverifikasi, pengecekan dan pemberian rekomendasi. 


"Selain pemberian informasi lapangan kerja, Disnaker selaku pembina akan membantu memfasilitasi anak-anak dalam penempatan kerja dan melakukan pemantauan perkembangannya selama bekerja," jelasnya.


Pantauan awak media, dari hasil kesepakatan bersama akhirnya dalam pembentukan kepengurusan Forum BKK Situbondo yang terpilih menjadi ketua adalah Lusi dari SMKN 1 Panji, Wakil ketua Fuad Hasan dari SMKN 1 Kendit, Sekretaris dijabat Zainullah dan Bendahara yaitu Dewi dari SMKN 2 Situbondo. (Fin/Saihu)


kali berita ini telah dibaca

1 Komentar

  1. Terimakasih atas liputan jawapes, pada kegiatan BKK SMK diSitubondo.
    .. terus berkarya

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan