Pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Cukai Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Suasana pelaksanaan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan bidang cukai di Balai Desa Olean

 

Jawapes, SITUBONDO - Upaya menangkal adanya peredaran barang kena cukai ilegal di pasaran, kembali Bea Cukai Jember bekerja sama dengan Disperdagin Situbondo melaksanakan kegiatan sosialisai Peraturan Perundang-Undangan Bidang Cukai dan Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal, Rabu (13/10/2021) balai Desa Olean.                                                      


Kepala Disperdagin Situbondo Edy Wiyono, S.Sos., M.Si., membuka secara resmi kegiatan tersebut. Didampingi petugas penyuluhan dari Bea Cukai Jember, petugas Kejaksaan, Kades setempat.                                 


Kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari para pedagang pasar dan pemilik toko sekitar, Edy Wiyono mengatakan dengan adanya sosialisasi agar masyarakat terutama pedagang memiliki wawasan tentang peraturan perundang-undangan ketentuan bidang cukai, rokok ilegal dan legal.                                           


"Peredaran rokok ilegal sangat berdampak terhadap pendapatan negara menjadi rendah. Masyarakat agar membeli rokok yang berpita cukai. Kucuran dana bersumber dari DBHCHT tentunya akan dirasakan kembali oleh masyarakat seperti untuk pembangunan, kesehatan, kesejahteraan," paparnya.                                                     


Sementara petugas penyuluhan Bea Cukai Jember Johan Arista Sugianto mengatakan cukai merupakan pungutan negara pada barang tertentu yang punya karakteristik yang sudah ditetapkan Undang-Undang. Dalam menangani peredaran rokok ilegal Bea Cukai Jember melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan APH. Selain itu juga intensif melakukan operasi pasar.                        


"Tujuan adanya sosialisasi antaranya agar masyarakat sadar guna mematuhi ketentuan bidang cukai. (*)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama